Kompas TV regional berita daerah

Diduga Mengalami Kekerasan, 5 TKW Kabur dengan Lompat dari Gedung Lantai 4

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 12:51 WIB
Penulis : KompasTV Jember

MALANG, KOMPAS.TV - 5 orang tenaga kerja wanita atau TKW nekat melompat dari gedung setinggi 15 meter. Mereka kabur dari Balai Latihan Kerja Luar Negeri, karena diduga mengalami kekerasan.

Kaburnya lima 5 TKW itu terjadi di Balai Latihan Kerja Luar Negeri Centra Karya Semesta di Jalan Rajasa Kelurahan Bumiayu Kecamatan Kedungkandang Kota Malang pada Rabu malam (09/06/2021).

Baca Juga: Angka Pengangguran RI Capai 8,75 Juta, Tenaga Kerja Wanita Lebih Banyak Diserap Dibanding Pria

Dari keterangan warga, yakni Siti Romlah dan Halimah, ada 5 orang TKW yang melompat dari lantai 4 gedung. 2 orang mengalami patah tulang, 1 orang luka ringan dan 2 lainnya kondisi sehat.

Korban, yang mengaku dari Lombok dan Sumbawa, sempat meminta tolong kepada warga untuk sembunyi. Peristiwa kaburnya TKW juga pernah terjadi 2 tahun lalu, namun kepergok petugas BLK.

Berdasarkan pengakuan salah satu TKW, yang berhasil direkam oleh warga, para TKW itu nekat kabur, karena tersiksa selama berada di BLK, bahkan ada TKW yang meninggal saat lebaran lalu.

Baca Juga: Puluhan TKI di Saudi Tidak Bisa Pulang karena Gajinya Belum Dibayar, ini Janji KJRI Jeddah

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, Kompol Tinton Yudha Riambodo menyatakan bahwa pihaknya masih mendalami kasus itu dengan memeriksa TKW yang kabur.

Sejauh ini Polisi belum mengetahui alasan korban kabur, karena mereka masih dirawat di rumah sakit dan belum bisa dimintai keterangan.

“Kami juga mendalami terkait legalitas Balai Latihan Kerja Centra Karya Semesta. Namun sejauh ini kami belum pernah menerima laporan terkait dugaan adanya kekerasan,” ujar Kompol Tinton Yudha Riambodo.

Sementara itu pihak BLK Centra Karya Semesta enggan menemui para jurnalis saat dimintai konfirmasi.

#TKW #TKI #TenagaKerjaIndonesia #BalaiLatihanKerja #Malang #Kekerasan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.