Kompas TV regional berita daerah

Sekolah Dasar Hanya Diajar Dua Orang Guru

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 12:17 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV- SD GMIST Galilea Kinali di Kabupaten Kepulauan Sitaro, sangat membutuhkan perhatian Pemerintah. Sekolah yang memiliki 30 orang siswa ini, hanya di ajar oleh dua orang guru, yang sudah termasuk kepala sekolah.

SD GMIST Galilea Kinali merupakan satu satunya Sekolah Dasar di kampung Kinali Kecamatan Siau Barat Utara, Kabupaten kepulauan Sitaro, dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang.

Sekolah ini statusnya milik Yayasan Pendidikan Kristen Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud, dan sudah berdiri puluhan tahun.

Sekolah ini sebelumnya memiliki tiga orang guru, dengan klasifikasi dua sebagai Pegawai Negeri Sipil termasuk Kepala Sekolah dan satu lagi guru honorer.

Namun demikian satu orang guru PNS yakni Jemson Boham, diketahui tidak lagi masuk sekolah sejak bulan Mei, tanpa keterangan, sehingga hanya dua orang guru saja yang tersisa.

Karenanya Kepala Sekolah SD GMIST Galilea Kinali bermohon kepada kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Sitaro serta Bupati Sitaro agar supaya meski sekolah yayasan kiranya bisa diperbantukan guru untuk mengajar para siswa, apalagi ditengah pandemi COVID-19 seperti ini, para siswa butuh menerima pendidikan yang layak demi kemajuan bangsa.

Sementara itu, terkait dengan situasi ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahrga Kabupaten Kepulauan Sitaro, berjanji akan membantu pihak sekolah dan akan dilakukan pemerataan guru di tahun ajaran baru nanti.

Selain SD GMIST Galilea Kinali, beberapa Sekolah Dasar di Sitaro juga mengalami kekurangan guru, sehingga pemerataan guru diharapkan bisa menjadi solusi, sehingga seluruh siswa menerima pendidikan yang layak.

#kompastvmanado #pendidikan #kurangguru

Jufri Kasumbala Kompas tv Sitaro

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

                                                                                             



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x