Kompas TV kuliner cerita rasa

Keliling Jawa Cari Berbagai Macam Soto, Enak-enak Lohh!

Kompas.tv - 12 Juni 2021, 08:53 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Cerita rasa kali ini akan ajak foodlovers untuk menyeruput sajian kuliner asal Tiongkok yang telah terakulturasi cita rasa Nusantara, yaitu Soto. Meski punya nama sama tapi bahan dan bumbu yang digunakan di setiap daerahnya berbeda.

Pertama, Benoe akan menjelajahi Soto di pulau Jawa. Benoe akan mengawali perjalanan di ibu kota Jakarta dengan mencicipi Soto Betawi di rumah makan Soto Betawi Haji Ma’ruf. Soto Betawi yang legendaris ini, cita rasanya tetap sama setelah sekian puluh tahun.

Salah satu ciri khas Soto Betawi yaitu menggunakan daging dan jeroan sapi berkuah santan dicampur susu dengan beragam bumbu. Masih di Jakarta, Benoe selanjutnya akan mencicipi Soto Semarang yang punya ciri khas penggunaan bawang putih goreng yang melimpah.

Bergeser ke Purwokerto Jawa Tengah, Benoe akan mencici Sroto di pusatnya yaitu di kecamatan Sokaraja. Sroto termasuk unik, berkat campuran sambal kacang di dalamnya. Benoe juga akan ke kota Blitar di Jawa Timur dan mencicipi Soto Bok Ireng, yang sudah ada sejak zaman Jepang. Satu porsinya berisi nasi, tauge, kucai, daging, serta jeroan sapi.

Masih di Jawa Timur, jangan lewatkan untuk mencicipi Soto Ndeso saat singgah di Madiun. Seperti namanya, lokasi Soto ini sedikit pelosok. Soto Ndeso ini jenis soto berkaldu ayam.  Soto Ndeso memanfaatkan bagian kepala, sayap, dan jeroan ati ampela untuk menjadi lauk pendamping. Semua berbahan ayam jago Jawa.

 

#CeritaRasa#Benoe#KulinerSoto



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.