Kompas TV nasional budaya

Sensor Mandiri: Kolaborasi LSF dan Komunikasi UMM dalam Penguatan Literasi Film

Jumat, 11 Juni 2021 | 04:05 WIB
sensor-mandiri-kolaborasi-lsf-dan-komunikasi-umm-dalam-penguatan-literasi-film
Para peserta dan narasumber berfoto bersama setelah mengikuti seminar perfilman nasional, Sensor Film di antara Kebebasan Berkreasi dan Menjaga Budaya Bangsa, Rabu (9/6/2021) (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia kini tengah mengupayakan penguatan literasi film di Tanah Air, contohnya yakni gerakan Sensor Mandiri.

Untuk itu, bersama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), LSF pun menggelar seminar perfilman nasional yang bertajuk Sensor Film di antara Kebebasan Berkreasi dan Menjaga Budaya Bangsa, Rabu (9/6/2021).

Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto percaya kampus memiliki peran strategis dalam memperkuat kajian kritis sekaligus literasi publik terhadap film.

"Kami memerlukan mitra strategis seperti Komunikasi UMM ini. Karena LSF tidak akan mampu menjangkau semua film yang diproduksi untuk disensornya," jelas Rommy.

Baca Juga: Ingin Lindungi Anak dari Konten Porno, Bintang Film Dewasa Ini Minta Tak Ada Lagi Situs Panas Gratis

Rommy menerangkan, gerakan Sensor Mandiri hadir sebagai bentuk jawaban untuk kondisi 'tsunami tontonan' yang sedang terjadi saat ini.

Yaitu kondisi di mana masyarakat dibanjiri film-film dari berbagai platform, baik itu bioskop, televisi, hingga digital publik, yang justru lebih bebas untuk dipilih dan ditonton.

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:05
TIM BISBOL AUSTRALIA MENARIK DIRI DARI KUALIFIKASI OLIMPIADE TOKYO KARENA PANDEMI COVID-19   PM JEPANG YOSHIHIDE SUGA: VAKSINASI COVID-19 DI SELURUH JEPANG AKAN TUNTAS PADA NOVEMBER 2021   IOC AKAN BAHAS AGENDA KEHADIRAN PENONTON LANGSUNG PADA LAGA-LAGA OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO   KOMITE OLIMPIADE INTERNASIONAL (IOC): PERKAMPUNGAN ATLET OLIMPIADE TOKYO AKAN DIBUKA PADA 14 JULI 2021   "TRAVEL BUBBLE" YANG DIBUKA OLEH KOREA SELATAN HANYA BERLAKU BAGI YANG TELAH DIVAKSIN COVID-19 SECARA LENGKAP   KOREA SELATAN AKAN BUKA "TRAVEL BUBBLE" DENGAN SINGAPURA, TAIWAN, DAN THAILAND   PRIA PELAKU PENAMPARAN PRESIDEN PERANCIS EMMANUEL MACRON TERANCAM HUKUMAN 3 TAHUN PENJARA   POLDA SULSEL SEBUT WABUP SANGIHE HELMUD HONTONG MENINGGAL DI PESAWAT KARENA TERKENA SERANGAN JANTUNG   GUBERNUR GANJAR PRANOWO INGATKAN SELURUH PIMPINAN DAERAH DI JATENG MENGANTISIPASI PENINGKATAN KASUS KORONA   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA PROSES VAKSINASI COVID-19 DIPERCEPAT LANTARAN ADA PENINGKATAN KASUS KORONA   PEMKAB SUKOHARJO TIDAK AKAN IZINKAN SEKOLAH GELAR TATAP MUKA JIKA MASIH ADA GURU YANG BELUM DIVAKSINASI COVID-19   PEMERINTAH TARGETKAN SERTIFIKASI TENAGA KERJA KONSTRUKSI (TKK) PADA 2022 SEBANYAK 81.200 ORANG   MENDAG M LUTFI: EKONOMI DIGITAL INDONESIA AKAN TUMBUH 8 KALI LIPAT PADA 2030   SURVEI LEMBAGA RISET IDEAS: 20% KELUARGA MISKIN DI METROPOLITAN TIDAK PERNAH TERIMA BANSOS PEMERINTAH