Kompas TV nasional budaya

Sensor Mandiri: Kolaborasi LSF dan Komunikasi UMM dalam Penguatan Literasi Film

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 04:05 WIB
sensor-mandiri-kolaborasi-lsf-dan-komunikasi-umm-dalam-penguatan-literasi-film
Para peserta dan narasumber berfoto bersama setelah mengikuti seminar perfilman nasional, Sensor Film di antara Kebebasan Berkreasi dan Menjaga Budaya Bangsa, Rabu (9/6/2021) (Sumber: Istimewa)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia kini tengah mengupayakan penguatan literasi film di Tanah Air, contohnya yakni gerakan Sensor Mandiri.

Untuk itu, bersama Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), LSF pun menggelar seminar perfilman nasional yang bertajuk Sensor Film di antara Kebebasan Berkreasi dan Menjaga Budaya Bangsa, Rabu (9/6/2021).

Ketua LSF, Rommy Fibri Hardiyanto percaya kampus memiliki peran strategis dalam memperkuat kajian kritis sekaligus literasi publik terhadap film.

"Kami memerlukan mitra strategis seperti Komunikasi UMM ini. Karena LSF tidak akan mampu menjangkau semua film yang diproduksi untuk disensornya," jelas Rommy.

Baca Juga: Ingin Lindungi Anak dari Konten Porno, Bintang Film Dewasa Ini Minta Tak Ada Lagi Situs Panas Gratis

Rommy menerangkan, gerakan Sensor Mandiri hadir sebagai bentuk jawaban untuk kondisi 'tsunami tontonan' yang sedang terjadi saat ini.

Yaitu kondisi di mana masyarakat dibanjiri film-film dari berbagai platform, baik itu bioskop, televisi, hingga digital publik, yang justru lebih bebas untuk dipilih dan ditonton.

“Di sinilah urgensinya Sensor Mandiri. (Konsep gerakan Sensor Mandiri) masyarakatlah yang harus memilih dan memilah sendiri tontonan yang sehat untuk diri sendiri dan keluarganya,” ungkap Rommy.

Secara tidak langsung, menurut Rommy, masyarakat akan diajak untuk ikut menjadi bagian dari khalayak film yang kritis.

Baca Juga: Review Film: Cruella, Tokoh dari Disney dengan Dua Kepribadian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.