Kompas TV internasional kompas dunia

Usung Reformasi, Raja Yordania Abdullah II Bentuk Komite untuk Susun UU Politik dan Pemilu Modern

Jumat, 11 Juni 2021 | 03:45 WIB
usung-reformasi-raja-yordania-abdullah-ii-bentuk-komite-untuk-susun-uu-politik-dan-pemilu-modern
Raja Yordania Abdullah II baru saja menunjuk mantan Perdana Menteri Samir Rifai memimpin sebuah komite baru yang mendapat kekuasaan besar untuk merombak sistem politik kerajaan. (Sumber: Yousef Allan/The Royal Hashemite Court via AP, File)

AMMAN, KOMPAS.TV - Raja Yordania Abdullah II baru saja menunjuk mantan Perdana Menteri Samir Rifai memimpin sebuah komite baru yang mendapat kekuasaan besar untuk merombak sistem politik kerajaan tersebut.

Dilansir Arab News, Kamis (10/6/2021), komite itu beranggotakan 92 orang, mendapat mandat menyusun undang-undang partai politik dan pemilihan umum yang modern, serta memberi saran kepada Raja untuk meningkatkan sistem pembuatan keputusan di kerajaan. 

Dalam suratnya kepada Samir Rifai, Raja Abdullah II memerintahkan komite tersebut menyusun undang-undang yang akan menjadi dasar reformasi, serta mengkaji amandemen konstitusi terkait. 

Hasil akhir dari komite itu, seperti dilaporkan Arab News, adalah "Kerangka yang Inklusif dan Ringkas" untuk meningkatkan sistem politik kerajaan dan memperluas partisipasi publik dalam proses pembuatan keputusan. 

Komite itu juga akan memberi saran amandemen legislatif untuk meningkatkan kinerja parlemen serta memastikan partisipasi serta keterlibatan perempuan dan kaum muda dalam politik.

"Kita bertekad untuk mencapai lompatan kualitatif dalam kehidupan politik dan parlementer," kata Raja Abdullah II dalam surat perintah tersebut yang salinannya dilihat Arab News. 

Raja Abdullah II juga meminta Komite itu menggunakan makalah diskusi miliknya sebagai dokumen panduan dalam upaya mereka menyusun "peta jalan untuk masa depan" Yordania. 

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
12:02
KEMENHUB AKAN BUAT KEBIJAKAN UNTUK TERUS DORONG PENINGKATAN PERGERAKAN PESAWAT DI TENGAH PANDEMI   MENHUB BUDI KARYA SUMADI: PERGERAKAN PESAWAT DI INDONESIA TAHUN KEDUA PANDEMI COVID-19 SEMAKIN MEMBAIK   ANGGOTA KOMISI XI DPR MISBAKHUN TAK SETUJU SOAL RENCANA PENGENAAN PPN SEMBAKO DAN JASA PENDIDIKAN   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO: PERSIAPAN PEMBUKAAN PARIWISATA BAGI WISATAWAN MANCANEGARA SUDAH 90 PERSEN   PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN PEMBUKAAN "TRAVEL CORRIDOR ARRANGEMENT" DAPAT TEREALISASI PADA JULI 2021   DINKES SEBUT KASUS AKTIF COVID-19 DI KABUPATEN BEKASI SAAT INI MENCAPAI 750 ORANG   KECAMATAN PAMULANG JADI WILAYAH DENGAN JUMLAH KASUS COVID-19 TERTINGGI DI TANGERANG SELATAN   DINKES: ADA 359 PASIEN COVID-19 DI TANGERANG SELATAN YANG SAAT INI MASIH MENJALANI ISOLASI MANDIRI   TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 4.885: 4.053 SEMBUH, 204 MENINGGAL DUNIA, DAN 628 DALAM PERAWATAN   ANGGOTA KOMISI XI DPR ANIS BYARWATI: WACANA PEMERINTAH YANG AKAN KENAKAN PPN SEMBAKO TAK LOGIS DI MASA PANDEMI   NOVEL BASWEDAN AKUI SUDAH PERNAH MEMINTA HASIL TWK KPK, TETAPI TAK PERNAH DIBERIKAN DENGAN ALASAN RAHASIA   PENYIDIK SENIOR KPK NOVEL BASWEDAN SEBUT TWK JADI CARA PAMUNGKAS HABISI PEMBERANTASAN KORUPSI DI KPK   KEMENANG MENYATAKAN AKAN FOKUS UNTUK LOBI KUOTA DAN MEMPERSIAPKAN PELAKSANAAN HAJI TAHUN DEPAN   GABUNGAN PERUSAHAAN HAJI DAN UMRAH NUSANTARA BERHARAP ARAB SAUDI BUKA IBADAH HAJI PADA SEPTEMBER 2022