Kompas TV regional berita daerah

Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Bengkulu

Kamis, 10 Juni 2021 | 21:06 WIB

BENGKULU, KOMPAS.TV - Penemuan bangkai gajah Sumatera didapati petugas BKSDA Bengkulu, Polres Mukomuko dan Polsek Sungai Rumbai, setelah mendapat laporan masyarakat yang menemukan bangkai satwa yang dilindungi itu, di Kawasan Hutan Produksi Air Teramang, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Dari lokasi penemuan itu, petugas mendapati bangkai dan tulang belulang gajah Sumatera, yang diperkirakan berjenis kelamin betina dan berusia dewasa. Diperkirakan kematian satwa dilindungi itu sudah dua bulan.

Saat dilakukan olah tempat kejadian perkara, petugas menemukan bekas jerat tali yang berada di tulang kaki gajah. Tak hanya itu, tim juga menemukan sabun yang diduga mengandung racun disekitar lokasi penemuan gajah.

Berdasarkan temuan dilapangan tersebut, diduga satwa dilindungi itu mati akibat ulah manusia.

Untuk mencari penyebab pasti kematian gajah, petugas tengah meneliti sampel bangkai di Laboraturium Biologi Universitas Bengkulu.

Dengan kasus ini membuat populasi gajah Sumatera di Bengkulu terus berkurang. Diperkirakan saat ini hanya tersisa sekitar 70 ekor gajah Sumatera di Bengkulu.

#GajahSumatera #BKSDA #HewanDilindungi #TerancamPunah #Bengkulu

Penulis : KompasTV Bengkulu

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:15
BADAN PUSAT STATISTIK: ANGKA KEMISKINAN BISA DITEKAN BILA PROGRAM PENGENTASAN DIFOKUSKAN DI PULAU JAWA   MENPAREKRAF GANDENG PERHIMPUNAN PELAJAR INDONESIA PROMOSIKAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF RI KE INTERNASIONAL   KEMENKES: BARU 1.000 RS YANG AKTIF MENGISI SISTEM INFORMASI RAWAT INAP (SIRANAP)   KSAU MARSEKAL FADJAR PRASETYO DITETAPKAN JADI KOMISARIS UTAMA PT DIRGANTARA INDONESIA   WAGUB DKI MINTA PENGUSAHA KREMATORIUM TIDAK MEMATOK TARIF TINGGI UNTUK KREMASI JENAZAH PASIEN COVID-19   PRESIDEN AJAK SELURUH KEPALA DAERAH MUNCULKAN KEPEMIMPINAN YANG KUAT DI LAPANGAN SELAMA MENANGANI PANDEMI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MINTA DAERAH PERSIAPKAN TEMPAT ISOLASI COVID-19 TERPUSAT HINGGA TINGKAT DESA   RAYAKAN IDUL ADHA, KPK FASILITASI KUNJUNGAN KELUARGA TAHANAN SECARA DARING   PEMPROV DKI JAKARTA IMBAU PANITIA KURBAN HINDARI PEMAKAIAN WADAH PLASTIK   GUBERNUR JATENG: DI RUMAH SAJA JUGA BENTUK BERKURBAN UNTUK KESELAMATAN BERSAMA SAAT PANDEMI COVID-19   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN: MAKNAI IDUL ADHA SEBAGAI PENGORBANAN UNTUK MENJADI LEBIH BAIK   WAPRES MA'RUF AMIN: IDUL ADHA IDENTIK DENGAN PENGORBANAN DAN KEIKHLASAN    MENDAGRI TITO KARNAVIAN INSTRUKSIKAN PEMDA PERCEPAT PENYALURAN BANSOS BAGI WARGA YANG TERDAMPAK PANDEMI   KEMENKES SEBUT 40% MOBILITAS WARGA MENURUN DI TEMPAT KERJA