Kompas TV nasional hukum

Dalam Pledoi Rizieq Bandingkan Kasusnya dengan Airlangga dan Ahok Rahasiakan Status Positif Covid

Kamis, 10 Juni 2021 | 21:09 WIB
dalam-pledoi-rizieq-bandingkan-kasusnya-dengan-airlangga-dan-ahok-rahasiakan-status-positif-covid
Rizieq Shihab ketika membacakan pleidoi atau nota pembelaan terkait kasus tes usap RS Ummi Bogor yang menjeratnya, Kamis (10/6/2021). (Sumber: Dok. Tim Kuasa Hukum Rizieq Shihab)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan pimpinan FPI Rizieq Shihab menyinggung sejumlah pejabat dan tokoh nasional yang tidak terjerat kasus lantaran merahasiakan kondisi yang terpapar virus corona. 

Dalam pledoinya Rizieq mencontohkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Komut Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Rizieq menyebut Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pernah merahasiakan kondisi terkonfirmasi positif Covid-19 pada Tahun 2020, namun tidak dipermasalahkan ke ranah hukum.

Baca Juga: Dalam Pledoi, Rizieq Shihab Ungkap Kesepakatan dengan Wiranto, Budi Gunawan dan Tito Karnavian

Begitu juga dengan Ahok dan sekeluarga yang juga merahasiakan status positif Covid-19. 

Rizieq menilai atas fakta tersebut JPU tetap bersikeras memandang kerahasiaan status dirinya di RS Ummi sebagai bentuk pelanggaran pelaksanaan penanggulangan wabah Covid-19.

Di sisi lain Anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay pada 22 Januari 2021 menyatakan bahwa tidak ada kewajiban seorang pasien positif covid-19 secara aktif harus mengumumkan dirinya terpapar. 

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
13:32
LIONEL MESSI KHAWATIR TERTULAR COVID-19 JELANG LAGA PERDANA ARGENTINA DI COPA AMERICA 2021 MELAWAN CHILE   KEMENKO PMK: PEMBANGUNAN RUMAH TAHAN GEMPA DI NTB SETELAH DIGUNCANG GEMPA PADA JULI 2018 ALAMI KETERLAMBATAN   KEMENDAGRI GRATISKAN AKSES VERIFIKASI DATA PENDUDUK KE SEJUMLAH LEMBAGA SELAMA 6 TAHUN TERAKHIR   WASKITA DAN TERREGRA TEKEN KONTRAK PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MINIHIDRO BATANG TORU SENILAI RP 377 M   PENDAFTARAN PPDB 2021 UNTUK SMA DAN SMK DI RIAU DIUNDUR KARENA ADANYA KENDALA TEKNIS YANG PERLU DISELESAIKAN   OMBUDSMAN JAKARTA: KETIDAKMAMPUAN "PROVIDER" JADI KENDALA DALAM PPDB DKI   WNI POSITIF KORONA DI LUAR NEGERI BERJUMLAH 4.972 ORANG: 4.163 SEMBUH, 206 MENINGGAL DUNIA, 603 DALAM PERAWATAN   PERMENKES 18/2021: PENGGUNAAN JENIS VAKSIN COVID-19 DALAM PROGRAM PEMERINTAH DAN GOTONG ROYONG BOLEH SAMA   DINKES KALIMANTAN BARAT: KETERISIAN TEMPAT TIDUR PASIEN COVID-19 DI KALBAR MENCAPAI 62%   PEMKAB KUDUS TERAPKAN KEBIJAKAN 5 HARI DIAM DI RUMAH DALAM SEPEKAN GUNA MEMUTUS PENULARAN COVID-19   POSITIF COVID-19 DAN ISOLASI MANDIRI, WALI KOTA SALATIGA YULIANTO BEKERJA DARI RUMAH DINAS   JUMLAH PASIEN COVID-19 DI RS WISMA ATLET KEMAYORAN JAKARTA TEMBUS 5.000 ORANG   SEBANYAK 3.673 PASIEN COVID-19 MENJALANI ISOLASI MANDIRI DI 44 HOTEL WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA   PRESIDEN JOKOWI BERI TARGET KE GUBERNUR DKI UNTUK WUJUDKAN "HERD IMMUNITY" DI JAKARTA HINGGA AGUSTUS 2021