Kompas TV regional berita daerah

Lestarikan Sulam Kalengkang, Teknik Sulam Khas Suku Melayu

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 09:31 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Sulam Kalengkang adalah teknik menyulam khas Suku Melayu yang biasa digunakan di lingkungan keraton. Sulaman Kalengkang ditemukan di Istana Kadriah Pontianak, Keraton Sintang, dan Keraton Sanggau.

Sayangnya, Sulam Kalengkang kini terancam punah. Di Kalimantan Barat, hanya tersisa dua perajin sulam kalengkang, satu di Pontianak, dan satu di Sanggau.

Untuk mempertahankan kerajinan ini, Museum Provinsi Kalbar menggelar pelatihan menyulam kalengkang kepada 170 orang dari berbagai kalangan. Salah seorang peserta pelatihan, ibrahim, mengaku tertarik mempelajari keterampilan ini. Ibrahim mengaku, teknik sulam kalengkang membutuhkan kesabaran.

Kepala UPT Museum Kalbar, Kusmindari Triwati berharap, teknik Sulam Kalengkang dapat terus dilestarikan.

Pada zaman dahulu, Sulam Kalengkang biasa diaplikasikan pada sejumlah barang di dalam keratin, seperti pakaian, tempat tidur raja, hingga tudung saji di meja makan.

Namun kini, salah satu kendala melestarikan Sulam Kalengkang adalah bahan baku yang sulit didapat, sebab benang keemasan yang menjadi ciri khas Kalengkang, harus didatangkan dari Singapura dan India.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.