Kompas TV regional berita daerah

Motor Listrik Masuk Kalbar, Gunakan Plat Biru, dan Pajak Lebih Murah

Kompas.tv - 11 Juni 2021, 09:21 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Sekilas, tidak banyak perbedaan dari sepeda motor buatan anak negeri ini. Namun, motor yang diberi nama Gesit ini digerakkan dengan listrik. Penggunanya tidak perlu mengisi bahan bakar minyak dan tidak perlu mengganti oli mesin,

Di jalan, motor listrik akan dibedakan dengan garis biru pada plat nomor kendaraan. Tarif pajak kendaraan pun akan lebih murah dibanding kendaraan berbahan bakar minyak. Motor listrik ini diharapkan dapat menekan polusi udara akibat asap knalpot dan juga mengurangi kebisingan.

Kadispenda Provinsi Kalbar, Herri, mengatakan, untuk tarif pajak kendaraan motor listrik saat ini sedang dalam pembahasan. Namun Herri meyakinkan, pajak motor listrik akan lebih rendah dari kendaran bermotor yang berbahan bakar minyak.

Direktur utama  PT Sumber Tenaga Optima selaku penjual motor listrik pertama di Kalbar menyatakan, tidak memiliki target muluk, sebab tujuan utamanya adalah mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas udara. Selain itu, motor listrik juga lebih hemat energy, karena menggunakan baterai yang dapat diisi ulang dayanya.

Pengenalan motor listrik ini juga dirangkai dengan kegiatan penyerahan BKPB, STNK, TNKB, dan pembayaran pajak kendaraan motor listrik pertama di Kalbar yang diserahkan secara simbolis oleh Dirlantas Polda Kalbar, Kadispenda Kalbar, serta Jasa Raharja.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x