Kompas TV olahraga kompas sport

Vietnam Usul Tunda Pelaksanaan SEA Games

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 20:33 WIB
vietnam-usul-tunda-pelaksanaan-sea-games
Komite Olimpiade Vietnam mengusulkan penundaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games ke-31, yang dijadwalkan akan digelar pada November dan Desember 2021, menjadi Juli tahun depan karena kekhawatiran Covid-19. (Sumber: SEA Games)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

HANOI, KOMPAS.TV - Komite Olimpiade Vietnam mengusulkan penundaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara, SEA Games ke-31, yang dijadwalkan akan digelar pada November dan Desember 2021, menjadi Juli tahun depan karena kekhawatiran Covid-19.

Pihak komite menyampaikan usulan tersebut pada Rabu (09/06/2021) dalam sebuah pertemuan daring dengan perwakilan dari komite Olimpiade kawasan itu dan Kantor Koordinasi Federasi Olahraga Asia Tenggara, demikian dilaporkan media lokal Vietnam News pada Kamis (10/6/2021).

Menurut usulan tersebut, Vietnam, sang tuan rumah, dan negara-negara peserta lainnya sedang mengalami lonjakan kembali kasus penularan Covid-19, yang mempersulit para atlet dan pelatih untuk mempersiapkan ajang olahraga regional dua tahunan itu.

Vietnam ingin belajar lebih banyak tentang bagaimana cara menggelar ajang semacam itu di tengah pandemi, khususnya merujuk kepada Olimpiade Tokyo yang dijadwalkan berlangsung musim panas ini, papar usulan tersebut.

Baca Juga: Brigjen Pol Uden Kusuma Wijaya Resmi Ditunjuk PSSI Tangani Timnas U23 di Sea Games 2021

Vietnam lakukan renovasi besar-besaran atas stadion My Dinh untuk sambut SEA Games 2021 (Sumber: VN Express)

Para peserta pertemuan itu nanti akan berkumpul kembali untuk memutuskan bagaimana cara menyelenggarakan SEA Games, setelah meninjau lebih lanjut usulan tersebut bersama negara-negara peserta, menurut Vietnam News. Keputusan akhir akan ditentukan oleh Dewan Olahraga Asia Tenggara.

Jika usulan tersebut disetujui, maka itu akan menandai pertama kalinya ajang SEA Games ditunda.

Sejak dimulainya wabah Covid-19 terbaru pada akhir April, Vietnam mencatatkan total 6.450 kasus penularan lokal hingga Kamis pukul 06.00 waktu setempat.

Beberapa provinsi yang menjadi tuan rumah perhelatan tersebut termasuk dalam daerah yang terdampak parah pandemi, meliputi provinsi Bac Ninh dan Bac Giang di Vietnam utara dengan arena bulu tangkis di Bac Giang diubah menjadi rumah sakit sementara untuk perawatan Covid-19 yang mendesak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.