Kompas TV nasional update

Potret Kegiatan Penanaman Ratusan Terumbu Karang di Perairan Tulamben, Bali

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 18:11 WIB

KOMPAS.TV - Perairan Tulamben yang berada di Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem Bali memang terkenal dengan keindahan dan keaneka ragaman hayati. 

Lokasi ini juga menjadi salah satu tujuan wisata selam bagi penyelam lokal dan manca negara. Namun belakangan ini sejumlah terumbu karang rusak akibat gelombang besar yang menyapu ekosistem di bawah laut.

Hal inilah yang kemudian membuat persatuan olah raga selam seluruh Indonesia menanam dua ratus bibit terumbu karang yang berasal dari Kelompok Pembudidayaan Karang Hias Nusantara.

Penanaman diawali dengan mengikatkan bibit terumbu karang pada rangkaian besi yang diberikan semen sebagai media penanaman terumbu karang di tengah laut.

Penamaan terumbu karang ini juga sebagai bagian untuk melestarikan alam di bawa laut yang selama ini sudah banyak yang rusak, selain itu juga untuk memperingati world enviromental day dan hari lingkungan hidup sedunia.

Kegiatan penanaman terumbu karang di Perairan Tulamben akan dilakukan secara bertahap agar kerusakan terumbu karang tidak terlalu parah, sehingga nantinya ekosistem di perairan ini tetap terjaga. 
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x