Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

5 BUMN ini Sumbang Rp40 Triliun untuk Negara di Tahun 2020

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 19:42 WIB
5-bumn-ini-sumbang-rp40-triliun-untuk-negara-di-tahun-2020
Beberapa pegawai tengah melintas di depan Kantor Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta Pusat (Sumber: Dokumentasi Kementrian BUMN)
Penulis : Juni Triyanto | Editor : Deni Muliya


JAKARTA, KOMPAS.TV - Dari sekitar 113 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), berikut ini lima perusahaan terbesar penyumbang negara.

Jumlah kontribusinya pun tidak main-main, yaitu mencapai 90% dari keseluruhan dividen negara. 

Dalam hal ini Kementerian Keuangan menyampaikan lima BUMN sebagai kontributor terbesar penerimaan negara di tahun lalu.

"Kontribusinya  sebesar 90,6% dari total dividen bagian pemerintah untuk 2020," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio N. Kacaribu, saat rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, di Gedung DPR, Kamis (10/6/2021). 

Menurutnya, penyumbang  dividen terbesar pertama berasal dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebesar 26,4% dari total dividen bagian pemerintah.

Lalu, PT Bank Mandiri Tbk, yang menyumbang sebanyak  22,2%.

Disusul oleh PT Pertamina 19,1% dan  PT Telkom Indonesia Tbk sebesar 17,8%. Serta tidak ketinggalan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk sebesar 5,2%. 

Dampak wabah Covid-19 tidak dipungkiri membuat pendapatan BUMN berkurang, yang pada akhirnya mengurangi sumbangan dividen untuk negara.

Tercatat total penerimaan dividen hanya sebesar  Rp44,6 triliun atau turun 11,86% secara year on year (yoy) dari tahun 2019  sebesar Rp50,6 triliun.

Jika menghitung kontribusi sebesar 90,6%, maka secara total lima BUMN itu memberikan pemasukan sebesar Rp40,4 Triliun terhadap negara. 

Meskipun turun, angka penurunan masih dianggap wajar.

Karena koreksi tidak lepas dari pelambatan ekonomi yang terjadi di seluruh dunia juga serta pertumbuhan dalam negeri.

Imbasnya juga terjadi pada penerimaan negara dari pajak BUMN, dalam bentuk perpajakan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sumbangan PNBP 2020 tercatat hanya Rp245 triliun, atau turun 14% dari setoran pajak tahun sebelumnya yang mencapai Rp285 triliun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.