Kompas TV regional berita daerah

Pemberangkatan Haji Ditunda, Pedagang Perlengkapan Haji Gulung Tikar

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 17:37 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

BLITAR, KOMPAS.TV - Tidak adanya pemberangkatan haji tahun ini, membuat para pedagang oleh-oleh dan perlengkapan haji di Kota Blitar gulung tikar. Mereka terpaksa menutup sejumlah tokonya karena omzet penjualan perlengkapan haji turun drastis mencapai 90 persen.

Toko perlengkapan haji dan umroh di kota Blitar ini sekarang kondisinya sepi. Terlihat hanya ada beberapa konsumen yang berbelanja kerudung dan sajadah.

Sepinya penjualan tersebut, akibat tidak adanya pemberangkatan jemaah haji,yang dilakukan pemerintah Indonesia pada tahun ini. Akibatnya, kini para pedagang perlengkapan dan oleh-oleh haji gulung tikar.

Seperti yang dialami oleh toko Zaidan di kota Blitar. Dari 8 cabang toko yang dimilikinya, kini hanya 6 toko saja yang masih buka. Tidak hanya itu, pihak toko juga terpaksa merumahkan 50 persen karyawannya, untuk mengurangi biaya pengeluaran.

Kondisi tersebut tidak lepas dari terus menurunnya omzet penjualan selama 2 tahun terakhir. Menurut pemilik toko, penurunan penjualan perlengkapan haji mencapai lebih dari 90 persen.

Untuk tetap bertahan di tengah ancaman kebangkrutan akibat tidak adanya ibadah haji, pemilik toko memilih berjualan hijab. Dengan berjualan hijab tersebut, kini para pedagang dapat sedikit bernafas lega, karena omzet penjualannya sedikit mengalami peningkatan.

#Blitar #Haji #Umroh #ArabSudi #Kemenag #BeritaKediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x