Kompas TV nasional hukum

Dalam Pledoi, Rizieq Shihab Ungkap Kesepakatan dengan Wiranto, Budi Gunawan dan Tito Karnavian

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 17:00 WIB
dalam-pledoi-rizieq-shihab-ungkap-kesepakatan-dengan-wiranto-budi-gunawan-dan-tito-karnavian
Terdakwa Rizieq Shihab saat membacakan pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Terdakwa kasus informasi palsu soal hasil swab test di RS Ummi, Rizieq Shihab mengungkapkan sejumlah kesepakatan dengan para petingi kementerian dan lembaga negara saat dirinya berada di Arab Saudi.

Para petinggi tersebut ketika itu yakni Wiranto saat menjabat Menkopolhukam, Tito Karnavian saat menjabat Kapolri dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Kesepakatan dengan tiga petinggi tersebut diungkapkan Rizieq Shihab saat membacakan nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Baca Pledoi, Rizieq Ungkap Pertemuan dengan Tito Karnavian dan Budi Gunawan Saat di Arab Saudi

Rizieq menjelaskan, pada tahun pertama dirinya berada di luar negeri, di Kota Tarim, Yaman pada akhir Mei 2017.

Ia sempat dihubungi Wiranto yang masih menjabat Menkopolhukam.

Kala itu Wiranto mengajak dirinya dan kawan-kawan untuk membangun kesepakatan agar tetap membuka pintu dialog dan rekonsiliasi.

Rizieq menyambut baik ajakan Wiranto tersebut.

Lalu sekitar awal Juni 2017, ia bertemu dan berdialog langsung dengan Kepala BIN Budi Gunawan bersama timnya di salah satu hotel berbintang lima di Kota Jeddah, Arab Saudi.

Di pertemuan itu, kata Rizieq, kedua belah pihak membuat kesepakatan tertulis, yang ditandatangani Rizieq dan Komandan Operasional BIN Mayjen TNI (Pur) Agus Soeharto di hadapan Budi Gunawan dan tim.

Baca Juga: Pengacara Rizieq: Tuntutan Jaksa Soal Kasus Tes Swab RS Ummi Hanya Halusinasi

Kemudian surat tersebut dibawa ke Jakarta dan dipersaksikan serta ditanda-tangani juga oleh Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi Wakil Presiden RI.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.