Kompas TV nasional berita utama

Presiden Jokowi Minta Jumlah yang Vaksinasi Terus Diperbanyak

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 14:54 WIB
presiden-jokowi-minta-jumlah-yang-vaksinasi-terus-diperbanyak
Presiden Jokowi memberikan pernyataannya untuk Global Health Summit, Jumat (21/5/2021). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo meminta pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal terus dilaksanakan dalam cakupan yang lebih banyak. “Hari ini peserta vaksin kurang lebih 1.000 orang dan kita harapkan ini akan terus berlanjut dengan tambahan jumlah yang lebih banyak lagi,” kata Presiden Jokowi seusai meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal di Pelabuhan Sunda Kelapa, Kamis (10/06/2021).

Dalam kesempatan meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu, Presiden Jokowi mengatakan vaksinasi yang digelar di Pelabuhan Sunda Kelapa diberikan kepada para pekerja pelabuhan dan masyarakat maritim di sekitar pelabuhan.

“Mereka adalah orang yang interaksinya tinggi, baik sebagai ABK, baik yang bekerja bongkar muat, artinya ada interaksi dengan ABK yang kapalnya/perahunya berasal dari pulau yang lain,” imbuhnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi untuk 1.500 Orang di Pelabuhan Tanjung Priok

 Presiden Jokowi berharap vaksinasi yang diberikan dapat melindungi para pekerja pelabuhan dan masyarakat di sekitar pelabuhan sekaligus menekan laju pandemi.

“Dengan vaksinasi ini kita harapkan ada perlindungan terhadap para pekerja di Pelabuhan Sunda Kelapa ini, dan kita harapkan penyebaran COVID-19 bisa kita cegah,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga melakukan peninjauan vaksinasi di Pelabuhan Tanjung Priok. Presiden mengatakan ada 1.500 dosis vaksin yang siap diberikan kepada pekerja Pelabuhan Tanjung Priok dan masyarakat di sekitarnya. 

“Hari ini kita vaksinasi, kurang lebih 1.500 orang baik itu pekerja pelabuhan pekerja bongkar dan muat, kemudian para sopir dan kenek, dan juga pelayan-pelayan publik lainnya yang berada di Pelabuhan Tanjung Priok,” ujarnya.

Tak hanya di Pelabuhan Tanjung Priok, Presiden Jokowi juga sudah meninjau pelaksanaan vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi di Terminal Kampung Rambutan, Presiden Jokowi: Kurang Lebih 1.000 Dosis Hari Ini

Dalam vaksinasi yang dilakukan di Terminal Kampung Rambutan, kurang lebih ada 1.000 vaksin diberikan terhadap supir, kernet, dan pelaku usaha kecil.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi memang menginginkan pada Juni 2021, target vaksinasi Covid-19 per hari bisa mencapai 700.000 dosis.

Sedangkan untuk target Juli 2021, Presiden menginginkan angka naik menjadi 1 juta dosis setiap hari. Hal tersebut dilakukan untuk bisa secepatnya mencapai herd immunity atau kekebalan komunal dari Covid-19.

“Kita berharap pada bulan Juni ini target untuk vaksinasi per hari 700 ribu itu betul-betul bisa tercapai,” katanya Presiden Jokowi, Rabu (9/6/2021)

“Sehingga di bulan Juli kita sudah masuk ke target vaksinasi per hari satu juta,” tambahnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x