Kompas TV regional berita daerah

Drone Bawah Air Ditpolairud Polda DIY Mampu Menyelam Hingga 300 Meter, Ini Penampakannya

Kamis, 10 Juni 2021 | 14:06 WIB
drone-bawah-air-ditpolairud-polda-diy-mampu-menyelam-hingga-300-meter-ini-penampakannya
Penampakan Underwater Monitoring Robot (drone) SRV-8MS atau bisa disebut drone bawah air yang dimiliki Ditpolairud Polda DIY saat uji coba di Umbul Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. (Sumber: Dok. Bidhumas Polda DIY)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Direktorat Polisi, Air dan Udara (Ditpolairud) Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) memiliki alat canggih dalam menghadapi situasi darurat di wilayah perairan Yogyakarta dan sekitarnya.

Alat canggih tersebut bernama Underwater Monitoring Robot (drone) SRV-8MS atau bisa disebut drone bawah air yang tak mampu menyelam hingga kedalaman lebih dari 200 meter.

Wakil Direktur Polairud Polda DIY Ajun Komisaris Besar Azhari Juanda menyampaikan alat visual terbaru yang dimiliki Ditpolairud Polda DIY tersebut mampu menjelajah hingga kedalaman 300 meter.

"Alat ini berfungsi untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat di wilayah peraiaran kita (DIY)," ungkap dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/6/2021).

Baca Juga: Heboh Penemuan Drone Bawah Air di Kepulauan Selayar Selatan

Mewakili Direktur Polairud Polda DIY Komisaris Besar Nurodin, Azhari mengatakan alat tersebut dibekali dengan monitor untuk memantau dari darat. Dengan menggunakan stick, operator dapat menggerakkan alat tersebut.

"Pengoperasiannya mirip seperti menerbangkan drone udara, hanya saja wahananya di dalam air," ujarnya.

Sementara itu, selain alat SRV-8MS, Ditpolairud Polda DIY juga menerima alat perlengkapan selam berupa alat komunikasi dua arah.

Alat ini memiliki kemampuan komunikasi antara sesama penyelam maupun dengan pemandu/operator di darat.

"Selain itu kami juga mendapatkan alat berupa U-Safe berupa alat pelampung yang bisa dikendalikan dengan remote control. Alat ini digunakan untuk pertolongan di permukaan air dengan kecepatan 20 knots dan jarak 300 meter," ucapnya.

Penulis : Gading Persada | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Antusias Ratusan Pelajar Saat Divaksin

Senin, 20 September 2021 | 14:26 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
14:50
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19