Kompas TV nasional berita utama

Sore Ini Mulai Pukul 16.00 WIB Terjadi Gerhana Matahari Cincin, Kapan Bisa Dilihat di Indonesia?

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 13:26 WIB
sore-ini-mulai-pukul-16-00-wib-terjadi-gerhana-matahari-cincin-kapan-bisa-dilihat-di-indonesia
Proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dilihat dari tepian pantai Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Kamis (26/12/2019). Fenomena Gerhana Matahari Cincin akan terjadi Kamis, 10 Juni 2021, berikut daftar wilayah yang bisa menyaksikannya. (Sumber: Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir )
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pada Kamis (10/6/2021) sore, fenomena Gerhana Matahari Cincin akan terjadi mulai pukul 16.00 WIB.

Sayang, masyarakat di Indonesia tidak bisa menyaksikannya secara langsung lantaran lintasan terjadinya gerhana matahari cincin tidak melewati wilayah Indonesia.

Sebenarnya, kapan gerhana matahari bisa disaksikan di Indonesia?

Menjawab hal itu, Peneliti di Pussainsa LAPAN Andi Pangerang mengatakan, di Indonesia, Gerhana Matahari baru bisa disaksikan pada 2 Agustus 2027 dan 12 Juli 2028, itu pun berupa Gerhana Matahari Sebagian.

"Tahun 2030 pun juga hanya terkena penumbranya saja, sehingga hanya mengalami gerhana matahari sebagian," kata Andi.

Baca Juga: Tak Lewat Indonesia, Gerhana Matahari Cincin Bisa Disaksikan di Link Ini, Sore Nanti Pukul 16.00 WIB

Menurutnya, fenomena Gerhana Matahari Cincin baru bisa dilihat di Indonesia pada 21 Mei 2031. Beberapa wilayah yang bisa menikmatinya adalah Kalimantan Utara-Timur, Sulawesi, dan Kepulauan Maluku.

Indonesia kembali mengalami Gerhana Matahari Cincin pada 2042 yang bisa disaksikan di Kalimantan, Sulawesi, dan pulau Timor (NTT dan Timor Leste).

Melansir Kompas.com, Andi menegaskan, tak ada siklus baku terkait fenomena Gerhana Matahari. Setidaknya, Bumi selalu mengalami Gerhana Matahari 2 kali dalam setahun di tempat yang berbeda.

Mengutip info resmi dari BMKG, secara umum, gerhana dapat diprediksi waktu dan tempat kejadiannya. Untuk memprediksi keberulangannya secara global, gerhana dikelompokkan ke dalam suatu kelompok yang disebut siklus Saros tertentu.

Fenomena GMC pada 21 Juni 2020 merupakan anggota ke 36 dari 70 anggota pada siklus Saros 137. Gerhana Matahari sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah GMC pada 10 Juni 2002.

Adapun gerhana yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah GMC 2 Juli 2038. Meskipun peristiwa GMC di suatu lokasi dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi tersebut dengan siklus tertentu.

Baca Juga: Hari Ini, Kamis 10 Juni 2021 ada Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Bisa Dilihat di Indonesia?

Berikut jadwal GMC kembali bisa diamati di Indonesia:



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x