Kompas TV regional berita daerah

Warga Tolak Tambang Emas Di Sangihe

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 10:45 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SANGIHE, KOMPAS.TV- Warga Sangihe menolak adanya tambang emas di pulau Sangihe, yang akan dikelola oleh PT. Tambang Mas Sangihe, yang mendapatkan ijin mengeksploitasi pulau Sangihe selama 30 tahun lebih.

Dikeluarkannya ijin kepada PT. TMS atau Tambang Mas Sangihe untuk mengeksploitasi pulau Sangihe pada Januari 2021 hingga 2054 oleh Kementerian ESDM, membuat polemik tersendiri di Sangihe bahkan di Sulawesi Utar. Berbagai penolakan muncul dari warga yang terkejut dengan adanya ijin mengelola lahan sebesar 42 ribu hektar lahan di Sangihe.

Koordinator Save Sangihe Island, Jull Takaliuang mengatakan bahwa ijin yang dikeluarkan pihak Kementerian ESDM perlu untuk dikaji kembali, mengingat dampak kerusakan alam sangatlah massive, jika pulau Sangihe akan dieksploitasi secara besar-besaran selama 30 tahun lebih.

Takaliuang  juga menambahkan bahwa lahan 42 ribu hektar ini mencakup 7 Kecamatan di Sangihe. Dikatakan bahwa hal ini sangat bertentangan dengan Undang-Undang no 1 tahun 2018, tentang pengelolaan pesisir dan pulau-pulau kecil, dimana limit luasan wilayah yang diijinkan untuk dikelola adalah 2 ribu kilometer persegi, sedangkan Sangihe hanya memiliki luas 736 kilometer persegi yang artinya tidak bisa untuk dieksploitasi untuk penambangan mineral.

Takaliuang menambahkan bahwa ekspolitasi yang akan dilakukan pt. TMS adalah dengan menggunakan metode open pit, yaitu dengan melakukan pengeboman pada lahan eksploitasi yang akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan pulau Sangihe.

Saat ini, menurut Takaliuang, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan pihak Kementerian ESDM dan sejumlah pihak lainnya mengenai adanya ijin pertambangan di  Sangihe dan lebih lanjut akan segera diselidiki oleh pihak Kementerian ESDM dan pihak  KPK.

#kompastvmanado #savesangihe #kementerianesdm

Edward Siwi Jimmy Dapar Kompas tv Manado

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x