Kompas TV bisnis kebijakan

Sekolah dan Kursus Juga Akan Kena PPN?

Kamis, 10 Juni 2021 | 10:40 WIB
sekolah-dan-kursus-juga-akan-kena-ppn
Ilustrasi: pungutan pajak. (Sumber: Thinkstock)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah saat ini sedang membahas Revisi Kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP). Dalam draf revisi tersebut, ada sejumlah barang dan jasa yang akan dikenakan pajak pertambahan nilai (PPN). Salah satunya adalah jasa pendidikan, yaitu sekolah dan kursus. 

Dalam rancangan (draft) RUU KUP, pemerintah menghapuskan jasa pendidikan dari kategori jasa yang tidak dikenai PPN.

"Jenis jasa yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai yakni jasa tertentu dalam kelompok jasa sebagai berikut, g (jasa pendidikan) dihapus," begitu bunyi draft tersebut, dikutip Kamis (10/06/2021).

Baca Juga: Otak-atik Rumusan PPN: Dari 10 Persen Jadi 12 Persen?

Aturan tentang pengecualian jasa pendidikan dari objek yang dipungut PPN, tadinya juga tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 223/PMK 0.11/2014. Pasal 2 Ayat 2 A PMK tersebut menyatakan:

"Kelompok jasa Pendidikan yang tidak dikenai Pajak Pertambahan Nilai sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

 a. jasa Penyelenggaraan Pendidikan sekolah, seperti jasa penyelenggaraan pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan luar biasa, pendidikan kedinasan, pendidikan keagamaan, pendidikan akademik, dan pendidikan profesional; dan

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
19:53
KETUA KOMISI I DPR MEUTYA HAFID MINTA KEMENLU PASTIKAN WNI DI LUAR NEGERI BISA MENGAKSES VAKSIN COVID-19   PERSATUAN RUMAH SAKIT INDONESIA (PERSI): SULIT MENAMBAH NAKES, JUMLAH PASIEN YANG HARUS DITURUNKAN   MENAG YAQUT CHOLIL QOUMAS: TAK ADA SHALAT IDUL ADHA DI MASJID ATAU LAPANGAN TAHUN INI   JELANG IDUL ADHA, MENAG AKAN MINTA NU DAN MUHAMMADIYAH IMBAU WARGA TAK MUDIK   BNPB INVESTIGASI DUGAAN PEMERASAN PELAKU PERJALANAN INTERNASIONAL SAAT KARANTINA   RUMAH SAKIT DARURAT COVID-19 WISMA ATLET KEMAYORAN MASIH KEKURANGAN TENAGA KESEHATAN   KAPOLRI INSTRUKSIKAN SELURUH JAJARAN POLDA PERCEPAT PENDISTRIBUSIAN BANSOS BAGI WARGA TERDAMPAK PANDEMI COVID-19   PRESIDEN JOKOWI MINTA STOK VAKSIN COVID-19 YANG ADA DI DAERAH SEGERA DIHABISKAN   KASAT LANTAS POLRES METRO BEKASI: MOBILITAS WARGA TURUN 30 PERSEN SAAT PPKM DARURAT   ANGGOTA KOMISI IX DPR NURHADI MINTA PEMERINTAH EVALUASI SEBELUM WACANAKAN PERPANJANGAN PPKM DARURAT   MENKES SEBUT ADA TIGA OBAT UNTUK TERAPI PASIEN COVID-19 YANG SAAT INI TERKENDALA PERSOALAN SUPLAI   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN: KEBUTUHAN OKSIGEN NAIK PESAT, DARI 400 TON JADI 2.000 TON SEHARI   MENPAN RB FOKUSKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DI SEKTOR YANG BERPERAN DALAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO MINTA KEMENTERIAN/LEMBAGA PERCEPAT REFORMASI BIROKRASI