Kompas TV nasional kesehatan

Pahami Psikotik Gejala Covid-19 Mulai Sekarang

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 01:26 WIB
Penulis : Luthfan

KOMPAS.TV - Pasien covid-19 yang telah sembuh belakangan memiliki gejala yang tidak biasa. Bahkan di antaranya mengalami psikosis atau gejala psikotik parah.

Sebuah tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam annals of neurology pada Oktober lalu, menemukan lebih dari 80% pasien corona yang dirawat di rumah sakit mengalami beberapa gejala neurologis salah satunya yakni gejala psikotik.

Dikutip dari laman kompas.com, penelitian yang terbit pada November lalu, menemukan bahwa satu dari lima orang yang terpapar covid-19, menerima diagnosis kejiwaan dalam 3 bulan setelahnya.

Dan lebih mengejutkan lagi, satu dari empat orang yang didiagnosa tidak pernah memiliki riwayat masalah kesehatan mental sebelum terinfeksi covid-19.

Dalam laman IFL Science disebutkan, sebuah studi kasus dari seorang perempuan berusia 55 tahun di Inggris mengalami gejala psikotik yang terus-menerus setelah terinfeksi covid-19, sebelumnya dia tidak memiliki riwayat penyakit mental.

Namun setelah dinyatakan sembuh dari covid-19, dan keluar dari rumah sakit, beberapa hari kemudian dia masuk RS lagi karena menunjukkan perilaku tidak biasa seperti orang bingung.

Hingga 52 hari gejala tersebut dinyatakan hilang pada dirinya. 

Penelitian juga menyebutkan bahwa dari 153 orang pasien covid-19 lainnya yang dirawat di Inggris ditemukan 10 pasien di antaranya memiliki psikosis onset baru setelah terinfeksi covid-19 .

Tidak hanya di Inggris, sejumlah dokter di seluruh dunia juga melaporkan hal yang sama, sejumlah kecil pasien covid-19 yang tak memiliki riwayat gangguan mental justru mengalami gejala psikotik parah beberapa pekan setelah tertular.

Dan sebagian besar kasus psikosis post-covid, melibatkan orang-orang berusia 30 hingga 50-an.

Meskipun para ahli medis memperkirakan bahwa disfungsi psikiatri yang ekstrem seperti gejala psikotik hanya akan memengaruhi sebagian kecil pasien, tetapi kasus-kasus psikosis dianggap sebagai contoh, bahwa penyakit covid-19 dapat memengaruhi kesehatan mental dan fungsi otak.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x