Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, Kamis 10 Juni 2021 ada Fenomena Gerhana Matahari Cincin, Bisa Dilihat di Indonesia?

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 05:30 WIB
hari-ini-kamis-10-juni-2021-ada-fenomena-gerhana-matahari-cincin-bisa-dilihat-di-indonesia
Proses terjadinya Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang dilihat dari tepian pantai Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Kamis (26/12/2019). Fenomena Gerhana Matahari Cincin akan terjadi Kamis, 10 Juni 2021, berikut daftar wilayah yang bisa menyaksikannya. (Sumber: Tribun Pekanbaru/Doddy Vladimir )
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Fenomena Gerhana Matahari Cincin akan terjadi hari ini Kamis (10/6/2021). Sayang, fenomena tersebut tidak bisa disaksikan di Indonesia.

Lantas, wilayah mana saja yang mengalami Gerhana Matahari Cincin?

Sebelum menjawabnya, ada baiknya menyimak terlebih dahulu tentang apa itu Gerhana Matahari Cincin?

Gerhana Matahari Cincin merupakan fenomena saat Bulan menutupi pusat Matahari. Dilansir Nasa.gov, Gerhana Matahari Cincin pada hari ini, posisi Bulan cukup jauh dari Bumi sehingga Bulan tampak lebih kecil dari Matahari.

Bulan tidak menghalangi seluruh pandangan Matahari, dan ini akan terlihat seperti piringan gelap di atas piringan terang yang lebih besar sehingga akan terlihat seperti cincin api di sekitar Bulan.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin tidak bisa dilihat secara langsung oleh mata tanpa menggunakan alat bantu.

Baca Juga: Daftar Daerah yang akan Dilintasi Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021, Indonesia Termasuk?

Masyarakat harus menggunakan kacamata khusus Gerhana untuk menghindari kebutaan.

Sayangnya, masyarakat Indonesia tidak dapat melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin tersebut.

Mengutip laporan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena ini hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada). Selain itu, fenomena ini juga dapat dilihat di Kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimal terjadi pada pukul 17.43 WIB atau 18.43 WITA atau 19.43 WIT.

“Selain itu wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat dapat menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian,” tulis Lapan.

Sama seperti yang dilaporkan Nasa.gov, bahwa Gerhana Matahari Cincin hanya dapat dilihat secara langsung di beberapa bagian wilayah Kanada, Greenland, dan Rusia.

Baca Juga: Pengamatan Gerhana Matahari Cincin di Bali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x