Kompas TV nasional peristiwa

Waspada! Peringatan Dini Cuaca Ekstrem Hari Ini Kamis, 10 Juni 2021, BMKG: Jabar-Jateng Hujan Lebat

Kompas.tv - 10 Juni 2021, 04:45 WIB
waspada-peringatan-dini-cuaca-ekstrem-hari-ini-kamis-10-juni-2021-bmkg-jabar-jateng-hujan-lebat
BMKG memprakirakan cuaca ekstrem akan terjadi pada sejumlah provinsi Indonesia pada hari ini Kamis (10/6/2021) berupa hujan lebat disertai angin kencang dan petir. (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng) pada hari ini Kamis (10/6/2021) diprakirakan bakal turun hujan lebat disertai angin.

Untuk itu warga di kedua wilayah provinsi tersebut untuk waspada dan berhati-hati.

Selain kedua provinsi itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam pernyataan terkait peringatan dini cuaca ekstrem untuk hari ini, sejumlah daerah lain di Indonesia diprediksi juga akan diguyun hujan lebat termasuk disertai angin kencang dan kilat/petir.

Melansir laman web.meteo.bmkg.go.id, Rabu (9/6/2021), menyampaikan adanya Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Sumatera.  

Baca Juga: Heboh SMS Peringatan Dini Tsunami di Jawa-Bali-NTT, BMKG Minta Maaf

Daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Papua hingga Papua Barat, serta di Samudra Pasifik utara Papua.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem Kamis, 10 Mei 2021.

Daftar wilayah yang berpotensi hujan berintensitas lebat yang dapat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir:

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Banten

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Rabu, 9 Juni 2021, Aceh sampai Jakarta Hujan: 15 Wilayah Alami Cuaca Ekstrem



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x