Kompas TV regional viral

Viral Gapura Bromo dicoret-coret Pelajar SMK, Kini Sudah Bersih Kembali dan Para Pelaku Akan Dibina

Rabu, 9 Juni 2021 | 16:26 WIB
viral-gapura-bromo-dicoret-coret-pelajar-smk-kini-sudah-bersih-kembali-dan-para-pelaku-akan-dibina
Viral, vandalisme yang dilakukan pelajar SMK di Pasuruan setelah pengumuman kelulusan (Sumber: Tangkapan layar)

PASURUAN, KOMPAS.TV - Rayakan kelulusan di gapura menuju kawasan wisata Bromo, di Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur sejumlah pelajar SMK justru melakukan aksi vandalisme.

Aksi tersebut sempat viral di media sosial. Pasalnya, gapura berwarna abu-abu putih itu mendadak penuh dengan coretan warna-warni dengan tulisan identitas berbagai sekolah.

Dalam foto dan video yang beredar, aksi tersebut dilakukan puluhan pelajar SMK di Kota Pasuruan. Bahkan, dalam foto tersebut mereka tampak senyum lebar dengan pakaian putih abu yang sudah penuh dengan coretan warna-warni.

"Foto tersebut yang diduga pelaku dalam pengerusakan fasilitas umum dijalan dan di gapuro puspo jalur menuju ke wisata Bromo Tengger Semeru. Onok seng kenal awamu rek?," tulis admin akun Instagram @yoiki_pasuruan, Rabu (8/6/2021).

Foto tersebut diduga diambil setelah mereka melakukan aksi vandalisme. Dari foto tersebut tampak gapura dan jalanan yang ramai dengan coretan.

Diketahui, aksi vandalisme tersebut dilakukan pelajar SMK pada Senin (7/6/2021) lalu. Setelah viral di media sosial, pihak Kecamatan setempat lantas berinisiatif untuk membersihkan gapura dan jalanan dari aksi vandalisme tersebut.

"Kami kumpulkan perwakilan SLTA yang ada di Kota Pasuruan, beberapa Pramuka di Kota Pasuruan, kemudian SMK Puspo dan Tosari karena terdampak, untuk bersih-bersih. Anggota Koramil, polisi dan trantip juga ikut. Ada 30-an orang lebih," kata Camat Tosari, Edy Priyanto, Rabu (8/6/2021).

Kini gapura puspo jalur menuju ke wisata Bromo Tengger sudah bersih dari vandalisme.

Para pihak yang membersihkan gapura dari vandalisme (Sumber: Instagram/@yoiki_pasuruan)

Sementara itu, Edy Priyanto meminta seluruh pelaku vandalisme untuk dibina di sekolah masing-masing.

Akibat kejadian tersebut, kini pihaknya akan mengantisipasi dengan melakukan penyisiran. Terlebih, pada Sabtu mendatang akan ada pengumuman kelulusan SMA. 

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:57
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19