Kompas TV video sinau

Serba-serbi Uniforia, Bola Resmi Piala Eropa 2020

Kompas.tv - 9 Juni 2021, 20:30 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Piala Eropa 2020 yang akan digelar pada 11 Juni hingga 11 Juli 2021 bakal menggunakan bola resmi yang bernama Adidas Uniforia.

Uniforia akan melanjutkan tugas Adidas Beau Jeu, yang menjadi bola resmi turnamen Piala Eropa 2016 di Prancis.

Adidas Uniforia secara resmi diperkenalkan oleh UEFA sebagai bola resmi Piala Eropa 2020 pada November 2019.

Dilansir dari laman resmi UEFA, nama Uniforia sendiri merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa Inggris, yaitu Unity yang berarti persatuan, serta Euphoria atau euforia.

Uniforia dirancang untuk memperingati 60 tahun turnamen sepak bola negara-negara Eropa tersebut. Kehadiran Uniforia sebagai bola resmi kompetisi empat tahunan ini diharapkan bisa membawa semangat persatuan dan juga kegembiraan.

Sama seperti Beau Jeu, warna dasar Uniforia adalah putih. Yang membedakan adalah corak dan ciri warna yang tampak di permukaan bola.

Desain grafis permukaan bola Adidas Uniforia bercorak sapuan kuas yang dikombinasikan dengan garis-garis berwarna biru neon, kuning, dan merah muda.

Corak sapuan kuas ini melambangkan tidak adanya batas pada negara-negara yang berpartisipasi di dalam gelaran ini.

Sementara itu, warna-warna cerah mewakili keragaman turnamen dan perpaduan budaya yang berbeda, dari 11 kota tuan rumah penyelenggara Piala Eropa 2020.

Melansir Kompas.com, dari segi kualitas bola Adidas Uniforia diklaim memiliki presisi bentuk yang sangat baik, stabil saat melambung di udara dan setelah pantulan, serta daya tahan yang bagus.

Bola Uniforia sudah diuji secara komprehensif untuk memastikan bahwa bola tersebut cocok bagi pesepak bola profesional.(*)

Grafis: Joshua Victor



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x