Kompas TV klik360 sinau

Ini Alasan UEFA Tak Ganti Nama Euro 2020 Meski Digelar Tahun 2021

Rabu, 9 Juni 2021 | 16:01 WIB

KOMPAS.TV - Turnamen sepak bola antarnegara Eropa atau Piala Eropa (Euro 2020) digelar 11 Juni hingga 11 Juli 2021 mendatang.

Awalnya, turnamen ini akan digelar di tahun 2020, namun pelaksanaannya digeser setahun kemudian sebagai dampak pandemi Covid-19.

Meski begitu, UEFA secara resmi tetap menggunakan nama Euro 2020. Apa alasannya?

1. Menjaga visi turnamen

Nama Euro 2020 tetap digunakan untuk menjaga visi turnamen sebagai ajang perayaan 60 tahun Piala Eropa.

“Setelah melalui peninjauan internal menyeluruh beserta diskusi dengan sejumlah rekanan turnamen, Komite Eksekutif UEFA memutuskan turnamen ini akan tetap menggunakan nama UEFA EURO 2020,” tulis UEFA seperti dikutip dari laman resminya.

Turnamen Piala Eropa pertama kali digelar pada tahun 1960 di Prancis. Dalam kompetisi tersebut, Uni Soviet keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan Yugoslavia dengan skor 2-1.

2. Sebagai pengingat masa sulit

Alasan lainnya mempertahankan nama Euro 2020 adalah sebagai pengingat, bahwa sepak bola Eropa dan dunia bersatu memerangi masa sulit selama pandemi Covid-19 yang terjadi pada 2020.

3. Produksi merchandise

Banyak merchandise Euro 2020 yang telah diproduksi selama penundaan kompetisi.

Keputusan untuk tidak mengganti nama turnamen ini sejalan dengan komitmen UEFA untuk menjadikan Euro 2020 berkelanjutan dan tidak menghasilkan banyak limbah.

Sebab itu, UEFA tidak ingin merchandise yang telah diproduksi terbuang percuma apabila terjadi perubahan nama.(*)

Grafis: Agus Eko

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:05
IKUTI WEBINAR KOMPAS INSTITUTE BERTAJUK "BRAND STORY THROUGH MEDIA", DAFTAR DI INSTITUTE.KOMPAS.ID   PEBASKET LEBRON JAMES DAN ANTHONY DAVIS PUTUSKAN TIDAK IKUT TIMNAS BASKET AMERIKA SERIKAT DI OLIMPIADE TOKYO 2020   LIGA PRIMER DENDA CHELSEA, TOTTENHAM, LIVERPOOL, ARSENAL, MAN CITY, DAN MAN UNITED KARENA GABUNG LIGA SUPER EROPA   BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN TERORISME (BNPT) GELAR DIALOG KEBANGSAAN DENGAN TOKOH PAPUA PADA JUMAT, 11 JUNI 2021   DINKES TANGERANG MINTA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DI WILAYAHNYA DILAKSANAKAN DENGAN PROKES KETAT   YLBHI DESAK PRESIDEN DAN MENKO POLHUKAM TEGUR KETUA KPK FIRLI BAHURI YANG MANGKIR DARI PANGGILAN KOMNAS HAM   YLBHI: KEMENPAN RB TIDAK ADA OTORITAS MENILAI ADA ATAU TIDAKNYA PELANGGARAN HAM DI KASUS TWK KPK   KEMENPUPR BERENCANA BANGUN 10 TOWER RUMAH SUSUN PEKERJA DI KAWASAN INDUSTRI TERPADU BATANG, JAWA TENGAH   BAPPENAS PREDIKSI SAMPAH MAKANAN DI INDONESIA CAPAI 112 JUTA TON PADA TAHUN 2024   BNPB SERAHKAN SEMENTARA PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DKI KE PEMPROV   BNPB TUNGGU KEMENKEU SOAL ANGGARAN PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA   BNPB HENTIKAN SEMENTARA PEMBIAYAAN HOTEL UNTUK ISOLASI PASIEN COVID-19 DI JAKARTA   PRESIDEN JOKOWI HARAP PEMBANGUNAN KERETA LINTAS REL TERPADU (LRT) BISA BERI EFISIENSI WAKTU PADA MOBILITAS WARGA   TINJAU VAKSINASI MASSAL DI RS UI, DEPOK, PRESIDEN JOKOWI TARGETKAN 700.00 SUNTIKAN VAKSIN COVID-19 BULAN INI