Kompas TV regional peristiwa

Wagub DKI: Total Pendaftar PPDB Sebanyak 238.554 Siswa, Sudah Lebihi Daya Tampung Sekolah

Kompas.tv - 9 Juni 2021, 13:27 WIB
wagub-dki-total-pendaftar-ppdb-sebanyak-238-554-siswa-sudah-lebihi-daya-tampung-sekolah
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, melakukan pemantauan PPDB DKI Jakarta di SMKN 27 Jakarta, Rabu (9/6/2021). (Sumber: Hasya Nindita/Kompas.TV)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau berlangsungnya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta di SMKN 27 Jakarta, Rabu (9/6/2021).

Pada kesempatan itu, Riza mengatakan, total jumlah pendaftar sudah mencapai 238.554 pendaftar. Angka ini disebut sudah melebihi daya tampung yang ada.

"Berdasarkan data hingga pukul 9 pagi, Rabu (9/6/2021), total pendaftar sudah mencapai 238.554 pendaftar," kata Riza.

Dari total tersebut, pendaftar untuk jenjang SD sebanyak 53.686 pendaftar, untuk pendaftar SMP sebanyak 85.961 pendaftar, dan SMA/SMK sebanyak 98.907 pendaftar.

"Sementara daya tampung untuk sekolah jenjang negeri itu hanya 212.212, jadi total pendaftar sudah melebihi daya tampung yang ada," kata Riza.

Baca Juga: Wagub DKI Tinjau Proses PPDB di SMKN 27 Jakarta: Tidak Ada Masalah yang Berarti

Riza juga mengapresiasi antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap sekolah negeri di wilayah DKI Jakarta.

"Itu menunjukan betapa antusias masyarakat dan kami bersyukur berarti sekolah negeri yang kita kelola mendapatkan simpati dan antusiasme dari masyarakat," katanya.

Ia pun menekankan bahwa pihak pemprov DKI Jakarta tidak menerapkan sistem sekolah unggulan di Jakarta, semua sekolah merupakan sekolah yang baik.

"Sekali lagi, kami tidak menerapkan sekolah unggulan di Jakarta, kita berusaha semua sekolah menjadi sekolah yang baik, sekolah unggulan," ujarnya.

"Tidak ada lagi ke depannya sekolah a, b, c, saja yang dikatakan menjadi sekolah unggulan. Justru dengan pola 2 tahun belakangan ini, kami berharap semua sekolah di Jakarta dapat menjadi sekolah unggulan, jadi sekolah yang baik," tambahnya.

Baca Juga: Anies: Pendaftar PPDB DKI Jakarta Sudah Mencapai 208.959 Siswa

Sistem ini diberlakukan agar semua sekolah dapat dipilih dengan sama rata oleh semua siswa. Riza mengklaim bahwa Dinas Pendidikan memberikan kualitas terbaik bagi pendidikan seluruh siswa.

"Jadi tidak masalah bagi siswa sekolah di mana saja, Dinas Pendidikan akan berikan kualitas pendidikan terbaik bagi seluruh siswa, anak-anak kita," kata Riza.

Selain itu, Riza mengimbau bagi wali murid atau calon peserta didik agar langsung dikonsultasikan kepada call center atau posko PPDB jika ada masalah atau keluhan.

"Kalau ada keluhan segera dilaporkan jangan menunggu berhari-hari baru dikomunikasikan, langsung konsultasikan melalui call center yang ada, sejauh ini call center sangat membantu. Jadi media yang kami siapkan sejauh ini bisa membantu," ujar Riza.

Baca Juga: Anies: Jika Kesulitan Mendaftar Online, Wali Murid Boleh Mendaftar PPDB Langsung ke Sekolah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.