Kompas TV TALKSHOW b-talk

Bersiap, Pertamina, BRI & BNI, Pemilik Baru Saham Garuda (2) - BTALK

Kompas.tv - 9 Juni 2021, 11:15 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Kewajiban Garuda minimal harus turun menjadi sepertiganya jika perusahaan ini ingin selamat. Restrukturisasi mendalam sebagai upaya menyelamatkan Garuda Indonesia dilakukan dengan banyak cara, sebab maskapai ini sudah salah urus sejak dulu.

Tidak hanya mengembalikan pesawat pada lessor lebih cepat dari kontrak tetapi juga melobi kreditur yang memiliki piutang pada Garuda. Garuda memiliki utang pada BNI senilai Rp 2,63 triliun, BRI Rp 3,3 triliun, Pertamina Rp 7,56 triliun (Sept 2020).

Sebelumnya ada 4 opsi skema penyelamatan perusahaan ini di antaranya mendukung garuda secara all out dengan utang jumbo, kemudian pakai hukum kebangkrutan restrukturisasi garuda sekaligus mendirikan maskapai baru dengan kebutuhan dana USD 1,2 miliar atau Rp 17 triliun dan opsi empat adalah likuidasi.

Perlu diketahui dalam satu bulan rugi garuda indonesia bertambah 1 koma 4 triliun dan utang jangka pendeknya sampai 70 triliun

Jika langkah yang dilakukan Kementerian BUMN adalah dengan mengubah utang menjadi ekuitas, artinya kreditur akan menjadi pemilik saham garuda Indonesia dan kepemilikan investor lama termasuk trans airways, akan terdilusi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x