Kompas TV entertainment selebriti

Nama Anak Pangeran Harry dan Meghan Markle Dituding Rendahkan Ratu, Ada Apa?

Kompas.tv - 9 Juni 2021, 09:32 WIB
nama-anak-pangeran-harry-dan-meghan-markle-dituding-rendahkan-ratu-ada-apa
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Sumber: Hello Magazine via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pemilihan nama anak kedua Pangeran Harry dan Meghan Markle menuai kontroversi. Beberapa ahli menyebut nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor dinilai merendahkan Ratu Elizabeth II.

Adalah seorang penulis biografi kerajaan, Angela Levin, yang menilai bahwa pemilihan nama Lilibet untuk anak kedua Duke dan Duches of Sussex ini merupakan ide yang buruk karena nama tersebut merupakan julukan pribadi yang diberikan mendiang Pangeran Philip kepada Ratu.

“Saya tidak berpikir itu ide yang bagus, saya pikir itu cukup kasar untuk Yang Mulia Ratu. Itu adalah nama panggilan yang sangat pribadi dari suaminya, yang belum lama meninggal,” kata Levin dalam acara Good Morning Britain, dikutip dari Pagesix, Rabu (9/6/2021).

Baca Juga: Arti Nama Lilibet Diana Mountbatten-Windsor, Anak Meghan Markle dan Pangeran Harry

Untuk diketahui, panggilan Lilibet untuk Ratu ini diberikan saat Ratu masih kecil dan belum bisa mengucapkan namanya sendiri dengan benar sehingga ia menyebut dirinya sebagai Lilibet.

Orang-orang yang memanggil Ratu dengan panggilan kecilnya hanya orang-oran terdekat Ratu, seperti orang tua atau kakek neneknya.

Ayah Ratu, Raja George VI, pernah memanggil Ratu Elizabeth II dengan panggilan tersebut. “Lilibet adalah kebanggaan saya. Margaret adalah kebahagiaan saya.”

Angela Levin mengatakan bahwa pemilihan nama Lilibet untuk anak Pangeran Harry dan Meghan Markle yang baru lahir 4 Juni 2021 kemarin itu menyinggung Ratu.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Sambut Gembira Kelahiran Anak Kedua Harry-Meghan Markle

Lebih lanjut lagi, Angela Levin mengatakan bahwa Pangeran Harry memang pernah berkata kepada Ratu akan menamai putrinya dengan namanya.

“Tetapi saya yakin dia tidak mengatakan akan memilih nama Lilibet,” lanjutnya.

Meski banyak pihak yang menyebut pemilihan nama Lilibet ini merendahkan Ratu, ada juga pihak yang menyimpulkan bahwa nama tersebut merupakan penghormatan kepada Ratu lantaran dianggap membuat nama panggilan Ratu akan tetap hidup.

Hal ini senada dengan pernyataan saat pengumuman kelahiran, “Lili dinamai menurut nama neneknya, Yang Mulia Ratu, yang nama panggilan keluarganya adalah Lilibet.”

Baca Juga: Juni Mendatang, Meghan Sang Duchess of Sussex Akan Rilis Buku Anak-Anak Pertamanya

Seperti diberitakan sebelumnya, Meghan Markle melahirkan Lilibet pada Jumat (4/6/2021) di Santa Barbara, California. Lilibet merupakan anak kedua dan adik dari Archie.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x