Kompas TV regional berita daerah

2021 Kemarau Lebih Kering Waspada Karhutla

Selasa, 8 Juni 2021 | 21:44 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Memasuki bulan Juni 2021, kondisi iklim di sebagian wilayah Sumatera Selatan, terutama bagian Timur memasuki musim kemarau.

Pemerintah perlu mewaspadai dini kebakaran hutan dan lahan yang rawan terjadi saat cuaca kering.

Memasuki bulan Juni 2021, kondisi iklim di sebagian wilayah Sumatera Selatan terutama bagian Timur, seperti Banyuasin, OKI dan OKU Timur sudah memasuki musim kemarau.

Kondisi itu ditandai dengan menurunnya tingkat curah hujan.  Hembusan angin kini didominasi angin timur dari wilayah Australia yang kering dan miskin uap air.

Berdasarkan prakiraan BMKG, musim kemarau tahun ini bersifat normal dan lebih kering dari tahun 2020, namun, tidak sekering musim tahun 2019 silam.

Dengan kondisi itu, masyarakat dan pemerintah perlu mewaspadai kebakaran hutan dan lahan yang rawan terjadi saat cuaca kering.

Sumatera Selatan sudah menetapkan status Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan sejak Maret lalu.

Ogan Ilir, OKI, Muba, Banyuasin, Muaraenim dan Pali masuk dalam kategori rawan karhutla.

#BMKG #Kemarau #Sumsel

Penulis : KompasTV Palembang





BERITA LAINNYA


Opini

Om, Kami Serumah Positif

Minggu, 11 Juli 2021 | 14:29 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
15:32
BERPOTENSI KRISIS PASCA-PEMBUNUHAN PRESIDEN, HAITI MINTA BANTUAN PASUKAN AS DAN PBB BANTU PENGAMANAN   PEMIMPIN KORUT KIM JONG UN DAN PRESIDEN TIONGKOK XI JINPING BERTUKAR PESAN UNTUK PERKUAT KERJA SAMA   HALAMAN KEDIAMAN RATU ELIZABETH, TAMAN ISTANA BUCKINGHAM, DIBUKA UNTUK PENGUNJUNG UMUM    MULAI HARI INI, UNI EMIRAT ARAB MENUTUP PINTU MASUK NEGARANYA BAGI INDONESIA AKIBAT LONJAKAN PANDEMI COVID-19   SINGAPURA MEMPERKETAT ATURAN IZIN MASUK BAGI PELANCONG ATAU WISATAWAN ASAL INDONESIA   POSITIF COVID-19, GUBERNUR KALTARA ZAINAL ARIFIN PALIWANG DAN ISTRI ISOMAN DI RUMAH DINAS DI TANJUNG SELOR   PEMKOT SURABAYA MULAI VAKSINASI COVID-19 BAGI ANAK BERUSIA 12 TAHUN DI STADION GELORA 10 NOVEMBER, TAMBAKSARI   PEMKOT BANDUNG BERHENTIKAN OKNUM YANG MELAKUKAN PUNGLI DI TEMPAT PEMAKAMAN KHUSUS COVID-19 TPU CIKADUT   6 RUAS JALAN DI KOTA SOLO DITUTUP SAAT AKHIR PEKAN PPKM DARURAT   PEMKOT BEKASI TIADAKAN TAKBIRAN DAN SHALAT IDUL ADHA BERJEMAAH   MAJELIS KEHORMATAN ETIK KEDOKTERAN IDI PANGGIL DOKTER LOIS OWIEN SOAL PERNYATAAN TIDAK PERCAYA COVID-19   ARAHAN PRESIDEN JOKOWI: TNI AKAN TURUT BANTU PENANGANAN PASIEN COVID-19 YANG TAK BEGEJALA ATAU BERGEJALA RINGAN   BKN: SURAT PENGANGKATAN TENAGA HONORER MENJADI PNS TANPA TES ADALAH HOAKS   PPKM DARURAT DIPERLUAS KE LUAR JAWA-BALI, PEMERINTAH JAMIN KESEHATAN DAN PERLINDUNGAN SOSIAL