Kompas TV internasional kompas dunia

Situs Web Internet Terkemuka Termasuk Amazon Sempat Down, Fastly Jadi Sumber Masalah

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 19:26 WIB
situs-web-internet-terkemuka-termasuk-amazon-sempat-down-fastly-jadi-sumber-masalah
Kronologi pemadaman internet massal yang mempengaruhi sejumlah situs web terkemuka seperti Amazon, Reddit, Guardian, New York Times dan Twitch ini dicuitkan oleh Alex Hern, editor teknologi di harian The Guardian pada Selasa (8/6/2021). (Sumber: Twitter)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya

LONDON, KOMPAS.TV – Sejumlah situs web terkemuka sempat tak berfungsi pada Selasa (8/6/2021), termasuk Amazon, Reddit dan Twitch.

Melansir BBC, situs web pemerintah Inggris, gov.uk, juga tak aktif.

Seperti halnya Financial Times, The Guardian dan New York Times.

Server yang mengoperasikan emotikon Twitter juga terdampak.

Dalam tampilan layar mereka, situs-situs web yang terdampak menampilkan pesan “Error 503 Service Unavailable” atau berarti “Kesalahan 503 Layanan Tidak Tersedia”.

Baca Juga: Tunaikan Mimpi Pergi ke Luar Angkasa, Pendiri Amazon Jeff Bezos akan ke Luar Angkasa Bersama Sahabat

Laporan awal menyebut, tak berfungsinya sejumlah situs web itu berkaitan dengan Fastly, penyedia komputasi awan yang menyokong banyak situs web utama.

Alex Hern, editor teknologi di The Guardian – salah satu situs web yang terdampak –, mencuitkan kronologi pemadaman internet massal itu melalui akun Twitternya.

Menurut Hern, permasalahan pemadaman internet yang dimulai sesaat sebelum pukul 11 siang waktu Inggris itu bersumber dari Fastly.

Baca Juga: Tiga Lembaga Desak Kominfo Jelaskan Masalah Internet Mati di Papua Saat Operasi Nemangkawi

Perusahaan itu, kata Hern, menjalankan “edge cloud”, terknologi yang dirancang untuk mempercepat waktu pemuatan situs web, melindunginya dari serangan penolakan layanan, serta membantu menangani lonjakan lalu lintas situs web.

“Teknologi edge cloud itu secara inheren mengharuskan Fastly duduk di antara sebagian besar klien dan penggunanya,” tulis Hern dalam cuitannya.

“Ini berarti bahwa jika layanan mengalami kerusakan atau gangguan besar, ini akan membuat perusahaan-perusahaan itu tak akan dapat beroperasi sama sekali di internet," imbuhnya.

Dalam pesan yang diunggah pada pukul 10.58 waktu Inggris, Fastly menyatakan, “Kami sedang menyelidiki kemungkinan dampak terhadap kinerja dengan layanan jaringan pengiriman pesan (CDN) kami.”

Baca Juga: Persidangan Virtual Aung San Suu Kyi Ditunda Akibat Pemutusan Internet oleh Junta Militer

“Sejumlah situs web, seperti BBC,” lapor Hern.

“telah berhasil memulihkan layanan dalam beberapa menit terakhir dengan mengalihkan sistem mereka dari jaringan Fastly," tambahnya.

Meningkatnya sentralisasi infrastruktur internet di tangan sejumlah perusahaan besar, imbuh Hern, berarti bahwa satu titik kegagalan dapat mengakibatkan pemadaman total.

Kini, sejumlah situs web terkemuka itu telah pulih dan berfungsi kembali.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x