Kompas TV regional peristiwa

Patroli Satgas Nemangkawi Tembak Anggota KKB saat Kontak Senjata di Bandara Ilaga Papua

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 18:30 WIB
patroli-satgas-nemangkawi-tembak-anggota-kkb-saat-kontak-senjata-di-bandara-ilaga-papua
Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Intan Jaya, Papua usai membajak sebuah pesawat terbang. (Sumber: Istimewa via Tribunnews.)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

PAPUA, KOMPAS.TV - Seorang anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) mendapat luka tembak di bagian paha saat kontak senjata di sekitar Bandara Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. 

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy menjelaskan kontak senjata Satgas Nemangkawi dengan KKB terjadi pukul 17.04 WIT, Senin (7/6/2021).

Saat itu, aparat keamanan dari Polri melakukan patroli di sekitar bandara.

KKB yang diduga pimpinan Lekagal Telenggen kemudian menyerang dengan tembakan ke arah aparat keamanan yang sedang berpatroli dari Honai atau rumah adat Papua, yang ada di ketinggian.

Baca Juga: Respons Ultimatum KKB yang Ancam Tembak Mati Pendatang, Polri: Papua adalah NKRI

“Kelompok teroris Lekagak Telenggen terus menembaki ke arah aparat dari arah Honei namun aparat tetap tidak bergeser dan terus menyisir ke arah kelompok teroris di ketinggian," ujar Iqbal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/6/2021).

Iqbal menjelaskan patroli yang dipimpin oleh Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia dan Dandim Letkol Rofi Irwansah membalas serangan dan berhasil menembak salah satu anggota KKB yang bersembunyi di samping rumah dan sedang memegang senjata api.

Menurut Iqbal tembakan dari personel Satgas Nemangkawi tepat mengenai paha anggota KKB tersebut.

Baca Juga: TNI-Polri Buru KKB yang Serang Bandara Aminggaru

"Belakangan KKB yang tertembak bernama Sapikul," ujar Iqbal.

Iqbal menambahkan usai berhasil menembak anggota KKB, Satgas gabungan TNI-Polri melakukan penyisiran dan pengejaran terhadap kelompok teroris KKB yang membawa rekannya yang tertembak.

“Patroli gabungan TNI-Polri terus dilakukan untuk memberikan perlindungan dan keamanan masyarakat Ilaga," ujar Iqbal.

Baca Juga: Pembakar Fasilitas Bandara Aminggaru Terungkap, Satgas Nemangkawi: Pelaku KKB Lekagak Telenggen

Adapun situasi di sekitar Bandara Aminggaru, Kabupaten Puncak sejak kemarin sudah berangsur normal, pasca-aksi teror KKB beberapa waktu lalu.

Tercatat sudah ada tiga peenrbangan dari dan menuju Bandara Aminggaru.

"Kemarin sudah 3 flight menuju dan dari Bandara Aminggaru, Ilaga, biasanya puluhan. Ya kegiatan di bandara ini distribusi barang dan lalu lintas masyarakat yang akan ke Timika atau kota lainnya," ujar Iqbal.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x