Kompas TV nasional sosial

Menpan RB: Mengubah Pola Pikir ASN Itu Sulit

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 15:08 WIB
menpan-rb-mengubah-pola-pikir-asn-itu-sulit
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo (Sumber: Dokumentasi Humas Setkab)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengaku kerap kesusahan untuk mengubah pola pikir Aparatur Sipil Negara (ASN) agar semangat bekerja. 

Politikus PDIP itu menjelaskan, pola pikir para abdi negara tersebut sudah tertanam bahwa mereka itu tidak dapat dipecat secara asal-asalan meski kinerjanya kurang baik. 

Baca Juga: ASN di Kudus Diisolasi Terpusat di Asrama Haji Donohudan

"Mengubah pola pikir ASN itu sulit. Mereka pokoknya saya ASN, soal naik pangkat atau tidak, tidak jadi masalah. Tiap periode pasti akan naik pangkat, pasti dapat pensiun," kata Tjahjo saat rapat kerja di Komisi II DPR RI, Jakarta, Selasa (8/6/2021). 

Ia menyebut, bila aturan di ASN itu dibuat seperti di swasta, dirinya meyakini pelayanan masyarakat di Indonesia akan berjalan dengan baik. 

Meski begitu, dirinya tak menyerah karena ini merupakan pekerjaan rumah pihaknya yang harus segera dibenahi. Karena bila tetap dibiarkan, maka tak akan ada perubahan di dalam organisasi ASN.

"Kalau di swasta kerjanya enggak memenuhi persyaratan, mundur dan pecat. Ini sedang kami tata dengan baik, sesuai dengan kebutuhannya," ujarnya. 

Saat ini, lanjut dia, yang sedang diupayakan adalah pemangkasan birokrasi di dalam tubuh ASN. Namun, dirinya belum bisa menjelaskan lebih rinci, karena sedang didiskusikan lebih lanjut. 

Baca Juga: Catat! Ini Golongan ASN yang Tidak Dapat Gaji ke-13

"Intinya dengan memangkas birokrasi itu memangkaas yang panjang jadi pendek. Ini sedang kami diskusikan. Misalnya kayak BUMN. Kita cari bentuk yang pas saja," kata dia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x