Kompas TV regional berita daerah

Keluarga Tak Mampu Bayar Uang Ambulans, Jenazah Pasien Diangkut Kendaraan Roda Tiga

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 12:40 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Karena keluarga keberatan membayar uang sewa ambulans, jenazah pasien rumah sakit di Probolinggo Jawa Timur dibawa pulang ke rumah duka dengan kendaraan roda tiga. Belakangan diketahui pihak rumah sakit tetap menarik biaya ambulans, meski keluarga menggunakan Kartu Indonesia Sehat.

Peristiwa itu sempat direkam oleh warga dan viral di media sosial. Video itu memperlihatkan warga sedang membawa jenazah pasien dengan menggunakan kendaraan roda tiga. Pasien meninggal itu diketahui bernama Sumo, warga Dusun Parsean, Desa Taman Sari, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: Viral Ambulans Antre Masuk IGD RS Al-Ihsan, Ini Penjelasan Pihak RS

Kejadian itu berlangsung pada Sabtu malam (05/06/2021) di depan Rumah Sakit Umum Wonolangan Dringu. Jenazah pasien berusia 60 tahun itu terpaksa dibawa dengan kendaraan roda tiga dari rumah sakit hingga rumah duka.

Pihak keluarga terpaksa melakukan hal itu, karena keberatan dengan tarif ambulans yang dibebankan oleh pihak rumah sakit. Pihak keluarga mengaku kecewa masih ditarik biaya ambulans, karena saat berobat ke rumah sakit swasta itu menggunakan BPJS kesehatan melalui program Kartu Indonesia Sehat.

Menurut Kepala Desa Taman Sari, Sutardji, Sumo dibawa keluarga ke RSU Wonolangan pada Sabtu sore (05/06/2021), namun selang 3 jam kemudian, ia meninggal.

Baca Juga: Pasien Menunggu di Ambulans dan Lobi Rumah Sakit Akibat Tingginya Kasus Covid-19

Belum ada keterangan dari pihak rumah sakit tentang kejadian itu, namun pemerintah dan kepolisian tengah berupaya memediasi keluarga dan rumah sakit agar tidak terjadi polemik berkepanjangan.

#Pasien #Jenazah #RumahSakit #KendaraanRodaTiga #Ambulans #JenazahPasienDitelantarkan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.