Kompas TV regional kesehatan

Kenali Mata Malas Dan Penanganannya - AYO SEHAT

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 10:42 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPASTV - Mata malas atau Amblyopia, adalah gangguan penglihatan sebelah mata, karena otak dan mata tidak terhubung dengan baik. Akibatnya penglihatan seseorang yang mengalami mata malas akan menurun.

Gangguan mata malas akan menyebabkan kualitas atau fokus penglihatan yang dihasilkan oleh kedua mata berbeda. Efeknya, otak hanya akan menerjemahkan penglihatan dari mata yang baik, dan mengabaikan penglihatan dari mata yang mengalami gangguan.

Mata malas umumnya terjadi sejak lahir, hingga usia tujuh tahun. Namun pada beberapa kasus langka, penyakit ini dapat menyerang kedua belah mata.

Melansir dari alodokter.com, mata malas dapat terjadi dipicu karena berbagai hal. Diantaranya mata juling atau strabismus, yang menjadi pemicu terbanyak mata malas. Kondisi ini sering kali diturunkan secara genetik.

Penyebab lainnya adanya perbedaan refraksi pada kedua mata, sehingga mata dengan penglihatan yang lebih jelas akan dominan untuk melihat. Contoh gangguan refraksi ialah rabun jauh, rabun dekat, dan astigmatisme atau mata silinder.

Katarak pada mata, luka pada kornea mata, dan yang terakhir kelopak mata yang terkulai, juga bisa menjadi penyebab terjadinya mata malas.

Namun, di samping pemicu tersebut, mengutip dari laman mayoclinic dot org (mayoclinic.org), ada pula beberapa faktor yang berpotensi meningkatkan risiko terjadinya mata malas pada anak, yakni kelahiran prematur. Bayi yang lahir dengan berat badan di bawah normal.faktor keturunan. Dan gangguan perkembangan anak.

Lalu, apa saja gejala, dan bagaimana cara mendeteksi terjadinya mata malas, serta cara pengobatannya?. Temukan jawabannya, di ayo sehat.

Follow us:

Instagram : @ayosehat_kompastv



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x