Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Indonesia vs Vietnam: Garuda Takluk Empat Gol Tanpa Balas

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 02:15 WIB
hasil-indonesia-vs-vietnam-garuda-takluk-empat-gol-tanpa-balas
Striker Timnas Indonesia Kushedya Hari Yudo mengejar bola dibayangi salah seorang pemain Timnas Vietnam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021). Indonesia kalah empat gol tanpa balas. (Sumber: akun Twitter @PSSI)
Penulis : Gading Persada

DUBAI, KOMPAS.TV- Tim Nasional (Timnas) Indonesia kalah empat gol tanpa balas dari Vietnam dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G Zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021).

Empat gol tanpa balas Vietnam dibagi rata Nguyen Tien Linh menit 50, Nguyen Quang Hai (61’), Nguyen Chong Phuan (66’) dan Vu Vhan Thanh (73’).

Atas hasil ini Vietnam makin kukuh di puncak klasemen Grup G dengan 14 poin dari 6 laga dan masih menyisakan dua kali pertandingan. Posisinya dibuntuti Uni Emirat Arab (UEA) yang disaat bersamaan menang atas Thailand dengan skor 3-1.

UEA pun berada di posisi kedua dengan 12 poin dan dilaga selanjutnya yakni pada Jumat (11/6/2021) akan berhadapan dengan Indonesia.

Adapun Indonesia tetap di posisi juru kunci dengan meraih satu poin dan tinggal menyisakan satu laga.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia: Sebelas Pertama kontra Timnas Vietnam, Indonesia Simpan Egy Maulana Vikri

Jalannya pertandingan

Pada paruh pertama, gawang Indonesia beruntung tidak kebobolan di tengah gencarnya serangan pemain-pemain Timnas Vietnam.

Hal ini tak terlepas dari tampil gemilangnya kiper Nadeo Arga Winata di bawah mistar gawang.

Setidaknya dua kali Nadeo melakukan penyelamatan gemilang dengan mematahkan peluang emas dari Vietnam.

Hingga turun minum, Indonesia selamat dengan menahan imbang Vietnam, 0-0.

Baca Juga: Indonesia Vs Vietnam, Egy MV: Kami Siap Berjuang Lebih Lagi untuk Meraih Kemenangan

Keluar dari kamar ganti, kedua tim yang memang sama-sama mengincar kemenangan untuk meraih poin penuh langsung merubah strategi. Ingin menampilkan permainan menyerang, kedua tim kompak memasukkan tenaga-tenaga baru.

Di Indonesia, pelatih Timnas Shin Tae-yong memasukan striker Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Demikian juga arsitek Timnas Vietnam Park Hang-seo memasukkan penyerang Nguyen Chong Phuan.

Pergantian ini ternyata efektif dimanfaatkan Timnas Vietnam dengan membuka keunggulan di menit 50 lewat sontekan Nguyen Tien Linh. Lolos jebakan offside, Nguyen Tien mampu melepaskan tendangan ke gawang Nadeo meski awalnya bola sempat lebih dahulu membentur tiang.

Unggul 1 gol, Vietnam terus menggila. Serangan bertubi-tubi terus dilancarkan ke gawang Indonesia. Memanfaatkan hilang konsentrasinya para pemain Indonesia, Vietnam mampu memetik hasil positif. Mereka memaksa Nadeo untuk kembali memungut bola dari dalam gawangnya tiga kali berturut-turut setelah Vietnam menambah pundi gol melalui Nguyen Quang Hai (61’), Nguyen Chong Phuan (66’) dan Vu Vhan Thanh (73’).

Baca Juga: Lawan Vietnam, Skuad Timnas Indonesia Percaya Diri Bisa Tampil Lebih Baik

Hanya mampu sesekali menyerang, akhirnya Indonesia tetap gagal membalas setelah wasit menutup laga.

Kemenangan pun didapat Vietnam sekaligus memperpanjang rekor belum terkalahkan hingga laga ke enam mereka sekaligus membuka peluang lolos dari Grup G ini.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x