Kompas TV regional peristiwa

Kepolisian Jatim Tengah Memeriksa Kepala dan Pembina SMA SPI Terkait Kasus Dugaan Kejahatan Seksual

Kompas.tv - 8 Juni 2021, 01:25 WIB
kepolisian-jatim-tengah-memeriksa-kepala-dan-pembina-sma-spi-terkait-kasus-dugaan-kejahatan-seksual
Sejumlah anggota Pemuda Pancasila Kota Batu menggelar aksi damai di depan SMA Selamat Pagi Indonesia di Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, Senin (7/6/2021). Mereka mendukung para siswa agar proses hukum tetap berjalan. (Sumber: Kompas.id/DEFRI WERDIONO)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

SURABAYA, KOMPAS.TV – Tim penyidik Kepolisian Daerah Jawa Timur memeriksa Kepala dan Pembina SMA Selamat Pagi Indonesia sebagai saksi di Surabaya, Senin (7/6/2021).

Hal itu terkait kasus dugaan kejahatan seksual, penganiayaan, dan atau eksploitasi ekonomi yang dilaporkan oleh alumni sekolah berbasis asrama di Batu itu.

”Dua orang sedang diperiksa, yakni Kepala dan Pembina SMA Selamat Pagi Indonesia,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Komisaris Besar Gatot Repli Handoko di Surabaya, Senin petang, dilansir dari laman Kompas.id.

Keduanya diperiksa sebagai saksi dengan perkiraan pertanyaan seputar pendirian sekolah, pola pendidikan, dan mekanisme pengawasan.

Sebelumnya, kasus tersebut mencuat setelah adanya laporan dari tiga perempuan lulusan Selamat Pagi Indonesia (SPI) ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polda Jatim, Sabtu, 29 Mei.

Mereka melaporkan pendiri sekolah, warga Surabaya berinisial JPE, atas dugaan kejahatan seksual, penganiayaan, dan atau eksploitasi ekonomi. Ketiga saksi melapor dengan pendampingan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan Batu.

Gatot membenarkan, ketiga korban yang melapor kemudian menjalani visum et repertum dan pemeriksaan sebagai saksi. Dalam seminggu terakhir, langkah ketiga korban diikuti pula oleh 12 korban lainnya. Dengan demikian, sudah ada 15 korban yang mengikuti visum et repertum dan pemeriksaan untuk berkas penyelidikan.

”Korbannya dewasa, kebanyakan perempuan, ada juga yang lelaki,” kata Gatot. Mereka melaporkan dugaan kejahatan oleh terlapor JEP ketika masih menempuh pendidikan di SMA SPI.

Baca Juga: Tanggapi Pelecehan Seksual di KRL, Admin Twitter CommuterLine Jawab Ngegas

Gatot juga membenarkan, saluran pengaduan yang dibuka oleh Polda Jatim dan Kepolisian Resor Batu terus menerima laporan dari kalangan masyarakat yang mengaku turut menjadi korban JEP.

Ada lebih dari 40 laporan yang masuk melalui saluran pengaduan itu. Laporan secara lisan itu akan lebih baik jika ditindaklanjuti oleh korban dengan membuat laporan tertulis dan visum et repertum.

”Pendalaman kasus masih berlangsung, termasuk hari ini pemeriksaan terhadap pengelola sekolah,” kata Gatot.

Secara terpisah, Ketua Umum Komnas PA Arist Merdeka Sirat mengatakan berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban untuk keamanan dan keselamatan para pelapor.

”Ternyata korban terus bertambah, dilihat dari pelaporan ke hotline (saluran pengaduan) sehingga keselamatan mereka perlu dijamin,” katanya.

Sementara itu, sejumlah anggota organisasi masyarakat Pemuda Pancasila (PP) Kota Batu menggelar aksi damai di depan SMA SPI, Senin pagi. 

Tidak hanya berorasi, mereka juga membentangkan sejumlah poster, antara lain berbunyi ”Tutup SPI”, ”Usut SPI Sampai Tuntas”, ”Stop Pelecehan Seksual”, dan ”Hukum Seberat-beratnya Pelaku Pelecehan”.

Baca Juga: 21 Alumni SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu Laporkan Dugaan Kekerasan Seksual

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.