Kompas TV regional update corona

Kronologi Munculnya Klaster Paduan Suara Gereja di Bantul

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 21:48 WIB
kronologi-munculnya-klaster-paduan-suara-gereja-di-bantul
Ilustrasi klaster Covid-19 paduan suara gereja di Bantul (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Muncul klaster baru Covid-19 di Bantul. Klaster ini berasal dari kegiatan paduan suara di sebuah gereja Kristen di Jetis, Bantul.

Setidaknya 18 orang terkonfirmasi positif Covid-19 seusai menggelar acara di gereja tersebut. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharja, klaster ini berawal saat grup paduan suara di gereja Kristen tersebut melakukan rekaman sekitar tiga hari yang lalu.

“Saat ada rekaman paduan suara ternyata ada yang positif Covid-19 dan kami tracing hasilnya banyak yang positif,” ujarnya, Senin (7/6/2021).

Baca Juga: Ada Klaster Covid-19 Baru di Kayu Putih, Pemprov DKI Jakarta Berikan 400 Dosis Vaksin

Mengingat sudah ada transmisi lokal dalam kasus Covid-19 ini, maka Dinkes Bantul menyatakan sebagai klaster baru, yaitu klaster paduan suara.

Tracing yang dilakukan lancar sebab mereka yang kontak erat dalam rekaman paduan suara itu juga melakukan tes rapid antigen secara mandiri.

Ia mengapresiasi langkah yang diambil oleh orang-orang yang melakukan kontak erat sebab berinisiatif melaporkan. Sebagian besar jemaat yang positif Covid-19 dari klaster paduan suara gereja di Bantul itu tidak bergejala sampai bergejala ringan.

Baca Juga: Nadiem Makarim Ngotot Belajar Tatap Muka Mulai Juli, Ini Deretan Sekolah yang Jadi Klaster Covid-19

Jemaat positif Covid-19 dari klaster paduan suara gereja Kristen Bantul itu juga diizinkan untuk isolasi mandiri selama merasa sehat dan lingkungan tempat tinggal mendukunga. Namun, jika tidak memungkinkan bisa menempati shelter desa atau kabupaten.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.