Kompas TV video cerita indonesia

Ketua Komisi VIII DPR Tanggapi Usulan Untuk Melobi Ulang Arab Saudi Soal Haji

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 20:45 WIB
Penulis : Aryo bimo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Yandri Susanto, menanggapi wacana untuk melobi ulang Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan ibadah haji 2021.

Tanggapan tersebut disampaikan Yandri secara virtual kepada KompasTV, ketika dalam perjalanan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Senin (7/6/2021) siang.

Baca Juga: Wakil Ketua Komisi VIII DPR Klarifikasi Surat Dubes Arab Soal Kuota Haji

Menurut Yandri, lobi ulang ke Pemerintah Arab Saudi mustahil dilakukan karena ketiadaan waktu. Selain itu, ia mengatakan bahwa Arab Saudi masih belum mencabut larangan terbangnya.

Yandri pun menambahkan, ada hal-hal teknis terkait pelaksanaan ibadah haji yang juga harus dipersiapkan oleh Kementerian Agama dari jauh hari.

"Kalau ada yang mengusulkan untuk lobi Saudi Aarabia kembali, saya sebagai Ketua Komisi VIII DPR RI sudah menghitung itu semua, dari sisi waktu sudah gak mungkin. Jadi, karena sampai hari ini Saudi belum mencabut larangan terbang," ucap Yandri.

Baca Juga: Bantah Adanya Kuota Haji, Dubes Arab Kirim Surat Klarifikasi

Yandri melanjutkan, larangan terbang itu menyebabkan pihak Kemenag tidak bisa berkunjung ke Mekah dan Madinah untuk mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji bagi warga Indonesia.

"Artinya belum ada yang bisa tenaga dari Kementerian Agama untuk masuk ke Mekah dan Madinah dalam rangka untuk memastikan pemondokan. Jumlah pemondokan berapa kamar, kemudian jumlah catering berapa karena kuota haji belum ada," lanjutnya.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.