Kompas TV klik360 cerita indonesia

Haikal Hassan Dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh Cyber Indonesia

Senin, 7 Juni 2021 | 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penceramah Haikal Hassan Baras dilaporkan ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri atas isi cuitannya di akun media sosial twitter.

Baca Juga: Haikal Hassan Meminta Maaf atas Kicauannya yang Mengkritik Soal Penundaan Ibadah Haji

Menurut Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid, Haikal Hassan dilaporkan atas dugaan penyebaran berita bohong dan SARA.

"Cyber Indonesia melaporkan Haikal Hassan pada hari Senin karena ini delik umum. Entah sudah ke berapa laporan terhadapnya nya dibuat. Kali ini soal dugaan menyebarkan berita bohong dan SARA tweet haji, yang berakibat kegaduhan di tengah masyarakat. Mohon dukungan," tulis Muannas dalam akun twitternya.

Kasus ini bermula ketika Haikal Hasan sebelumnya mengunggah kritik terkait pembatalan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 yang mengaitkan dengan sejumlah hal.

Dalam cuitannya tersebut, Haikal mempertanyakan pembatalan ibadah haji yang dikaitkan dengan kedekatan Tiongkok dan Habib Rizieq Shihab (HRS).

Tak lama berselang setelah isi cuitannya terkait haji menuai banyak reaksi warganet, Haikal Hassan lalu menghapus tulisannya tersebut. 

Tetapi, beberapa warganet sempat membuat screenshot atau tangkapan layar.

Haikal lalu menyampaikan permintaan maaf pada tanggal 5 Juni 2021, disertai dengan tautan berita dari Kompas.com, soal surat dari Duta Besar Arab Saudi untuk Ketua DPR Puan Maharani, terkait penyelenggaraan ibadah haji 2021.

Video Editor: Lisa Nurjannah

Penulis : Aryo bimo





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:21
HASIL UJI COBA AKHIR VAKSIN CUREVAC BUATAN JERMAN MEMILIKI TINGKAT KEMANJURAN 48% CEGAH COVID-19   LAGA TANPA PENONTON MASIH MENJADI OPSI BAGI PERHELATAN OLIMPIADE DAN PARALIMPIK TOKYO DI TENGAH PANDEMI   MENAKER IDA FAUZIYAH MINTA SELURUH PIHAK HORMATI PUTUSAN MA MENOLAK GUGATAN UJI MATERI UU CIPTA KERJA   BANGGAR DPR REKOMENDASIKAN PEMERINTAH TERAPKAN CUKAI PLASTIK & MINUMAN BERPEMANIS TAHUN DEPAN   SEKJEN KEMNAKER ANWAR SANUSI MINTA PENGUSAHA TIDAK LAKUKAN PHK DENGAN ADANYA KEBIJAKAN PPKM DARURAT   KEBIJAKAN "WORK FROM BALI" DITUNDA LANTARAN ADANYA KEBIJAKAN PPKM DARURAT PADA 3-20 JULI 2021   ADA LONJAKAN KASUS COVID-19, RENCANA PEMBUKAAN PARIWISATA BALI BAGI TURIS ASING PADA AKHIR JULI 2021 DITUNDA   PEMKOT SURABAYA TUTUP SEMENTARA SEJUMLAH TEMPAT WISATA TERMASUK MUSEUM GUNA CEGAH PENULARAN COVID-19   WALI KOTA TANGERANG: KASUS HARIAN COVID-19 TIDAK SEBANDING DENGAN FASKES DAN TENAGA KESEHATANNYA   WALI KOTA TANGERANG ARIEF R WISMANSYAH MINTA PEMERINTAH PUSAT KIRIM BANTUAN TENAGA KESEHATAN KE WILAYAHNYA   MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT RI AKAN TERIMA 4 JUTA DOSIS VAKSIN MODERNA DALAM BENTUK HIBAH DARI AS   KEMENAG SEGERA REVISI EDARAN PENYELENGGARAAN IDUL ADHA MENYUSUL KEBIJAKAN PEMBERLAKUAN PPKM DARURAT   SELAMA MASA PPKM DARURAT JAWA-BALI, SELURUH KEGIATAN BELAJAR DAN MENGAJAR DILAKUKAN SECARA DARING   PEMERINTAH TARGETKAN TES COVID-19 SEBANYAK 410.000 ORANG PER HARI SELAMA MASA PPKM DARURAT JAWA-BALI