Kompas TV nasional kesehatan

300 Tenaga Kesehatan di Kudus Terpapar Covid-19, Kemenkes Pastikan Semuanya dalam Kondisi Baik

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 16:00 WIB
300-tenaga-kesehatan-di-kudus-terpapar-covid-19-kemenkes-pastikan-semuanya-dalam-kondisi-baik
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono memberikan keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi COVID-19 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (24/05/2021) (Sumber: Dok. Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akibat lonjakan kasus yang terjadi belakangan ini, setidaknya lebih dari 300 tenaga kesehatan di Kudus, Jawa Tengah dilaporkan telah terpapar Covid-19.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, seusai rapat terbatas bersama Presiden Jokowi, Menko Perekonomian, Kapolri, Panglima TNI dan Kepala BNPB, di Istana Kepresidenan, Senin (7/6/2021).

"Di Kudus ada lebih dari 300 tenaga kesehatan terpapar Covid-19. Namun, karena mereka semua telah divaksin, kini kondisinya masih dalam keadaan baik," ungkap Budi.

Baca Juga: Asrama Haji Donohudan Boyolali Dapat Kiriman 100 Pasien OTG dari Kudus

Lebih lanjut, untuk mengatasi peningkatan kasus tersebut, Budi menyampaikan bahwa Kemenkes telah mengirimkan dokter dan perawat.

Selain itu, pemerintah juga berusaha mengurai beban rumah sakit di Kudus dengan merujuk pasien bergejala berat dan sedang ke kota terdekat.

"Untuk Kudus ke Semarang. Alhamdulillah kapasitas RS di Semarang cukup untuk menerima rujukan dari Kudus," ujarnya.

Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19 di Kudus, Kapolri Siapkan Manajemen Kontijensi

Sebelumnya, Budi menjelaskan bahwa ada faktor spesifik yang menyebabkan lonjakan kasus positif Covid-19 di Kudus akhir-akhir ini.

"Kenaikan yang tinggi ini terjadi karena, seperti yang kita tahu, Kudus adalah daerah yang terkenal dengan wisata ziarahnya," katanya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x