Kompas TV klik360 sinau

Mengenal Tsunami: Karakteristik, Tanda, dan Langkah Evakuasi

Senin, 7 Juni 2021 | 19:45 WIB

KOMPAS.TV - Tsunami adalah rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan mencapai 900 km/jam atau lebih di tengah laut.

Tsunami disebabkan oleh berbagai faktor, seperti gempa bumi di dasar laut, runtuhan di dasar laut, atau letusan gunung api di laut.

Berikut beberapa karakteristik tsunami:

- Tinggi gelombang tsunami di tengah lautan mencapai kurang lebih 5 meter.
- Secara bersamaan gelombang tsunami akan mencapai pantai dengan tinggi hingga 30 meter.
- Panjang gelombang tsunami (50-200 km) lebih besar dari gelombang pasang laut (50-150 m).
- Gelombang tsunami berlangsung sekitar 10-60 menit.

Tanda-tanda tsunami:

- Tsunami umumnya didahului gempa besar dan air laut yang tiba-tiba surut.
- Kemudian ada selang waktu antara terjadinya gempa bumi dengan waktu tiba tsunami di pantai.
- Gelombang air laut datang secara mendadak dengan energi yang sangat kuat.

Di Indonesia, tsunami terjadi dalam waktu kurang dari 40 menit setelah terjadi gempa besar di bawah laut. InaTEWS, Sistem Peringatan Dini Tsunami Indonesia di BMKG, akan mengeluarkan peringatan dini tsunami dalam waktu kurang dari 5 menit.

Informasi dikirimkan melalui SMS, e-mail, Warning Reviever System (WRS), website, media sosial, dan aplikasi.

Penting untuk mengetahui langkah mitigasi tsunami agar bisa melakukan evakuasi mandiri sebelum tsunami terjadi, salah satunya adalah mengingat rumus 20-20-20.

Penjelasannya adalah, jika terjadi gempa terasa selama 20 detik, tanpa perlu menunggu air surut, segera menuju ke tempat dengan ketinggian minimal 20 meter, karena waktu yang ada hanya sekitar 20 menit.

Jika berada di dalam kapal, jangan mendekati pantai saat terjadi tsunami dan arahkan kapal ke laut.

Jika gelombang pertama telah datang dan surut kembali, jangan segera turun ke daerah rendah untuk mengantisipasi datangnya gelombang susulan.

Selain itu, tetap ikuti informasi dari sumber yang terpercaya terkait bencana yang terjadi agar memudahkan proses evakuasi.(*)

Grafis: Joshua Victor

Penulis : Gempita Surya





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
06:50
PEMERINTAH MALAYSIA PERTIMBANGKAN CAMPUR DUA VAKSIN COVID-19 GUNA TINGKATKAN EFIKASI   KASUS COVID-19 MELONJAK, WALKOT GIBRAN RAKABUMING TUNDA KOMPETISI SEPAK BOLA PIALA WALI KOTA SOLO 2021   PN JAKARTA TIMUR AKAN BACAKAN VONIS TERDAKWA RIZIEQ SHIHAB TERKAIT KASUS HOAKS TES USAP RS UMMI BOGOR PEKAN DEPAN   OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) IMBAU MASYARAKAT WASPADAI LAYANAN PINJAMAN DARING ILEGAL   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TERBITKAN PERATURAN KARYAWAN WFH SEBESAR 75 PERSEN DI PERKANTORAN ZONA MERAH DKI   GUBERNUR ANIES BASWEDAN SEBUT KAPASITAS VAKSINASI DI DKI JAKARTA TELAH LEBIH DARI 100.000 ORANG PER HARI   DINKES KABUPATEN KUDUS CATAT 269 TENAGA KESEHATAN DI WILAYAHNYA TERPAPAR VIRUS KORONA   UNIVERSITAS SEBELAS MARET HENTIKAN SELURUH KEGIATAN LUAR JARINGAN SETELAH TIGA DOSEN MENINGGAL KARENA COVID-19   SATGAS: KENAIKAN COVID-19 PASCA-LEBARAN 2021 LEBIH TINGGI YAITU 112,22% DIBANDING TAHUN SEBELUMNYA HANYA 93,11%   SATGAS COVID-19 PREDIKSI KENAIKAN KASUS POSITIF KORONA PASCA-LEBARAN AKAN BERLANGSUNG SELAMA 6 PEKAN   LAYANAN VAKSINASI COVID-19 DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKARTA UTARA, DIBATASI 100 ORANG PER HARI   PEMERINTAH BUKA LAYANAN VAKSINASI COVID-19 UNTUK UMUM DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN TANJUNG PRIOK, JAKUT   MENPAN RB TJAHJO KUMOLO SERAHKAN KEBIJAKAN BEKERJA DARI RUMAH KEPADA MASING-MASING KEMENTERIAN DAN LEMBAGA   MENPAREKRAF SANDIAGA UNO PERKENALKAN GEOPARK RAMANG RAMANG LEWAT SIARAN LANGSUNG DI MEDIA SOSIAL DAN KE LUAR NEGERI