Kompas TV nasional kesehatan

Tips Aman Sekolah di Masa Pandemi untuk Mencegah Penularan Covid-19

Senin, 7 Juni 2021 | 13:56 WIB
tips-aman-sekolah-di-masa-pandemi-untuk-mencegah-penularan-covid-19
Tips Sekolah Aman di Masa Pandemi (Sumber: Kompas.com)

SOlO, KOMPAS.TV - Sejumlah sekolah di beberapa wilayah sudah menerapkan metode belajar tatap muka. Sementara itu, pandemi yang belum rampung masih dikhawatirkan belajar tatap muka justru jadi media penyebaran virus Covid-19.

Artinya, perlu ada antisipasi yang dilakukan oleh pihak sekolah serta para siswa yang datang untuk belajar secara tatap muka. Adapun salah satu antisipasi yang dapat dilakukan ialah patuh terhadap protokol kesehatan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat diantisipasi untuk mencegah penularan Covid-19 di sekolah dilansir dari laman Primaya Hospital.

Baca Juga: ASN di Kudus yang Positif Covid-19 Dikarantina di Asrama Haji Donohudan Boyolali

1. Cek Kesehatan Anak, Tetap di Rumah Jika Sakit

Setiap keluarga sebaiknya memiliki kotak obat dan alat pengecekan kesehatan sederhana di rumah. Di masa pandemi Covid-19, setidaknya ada termometer untuk mengukur suhu tubuh anak setiap hari. Akan lebih baik lagi jika ada thermo gun yang lebih cepat menampilkan hasil pengukuran suhu tanpa bersentuhan dengan permukaan kulit.

Ikuti aturan di sekolah mengenai suhu tubuh minimal anak yang diperbolehkan masuk ke sekolah. Jika suhu tubuh anak di atas batas, sebaiknya minta izin untuk tetap di rumah.

Begitu pula bila ada gejala yang khususnya mengarah ke Covid-19, seperti batuk dan sesak napas. Tinggal di rumah saja dulu hingga suhu tubuh kembali normal dan kondisi anak membaik.

2. Mengajarkan Praktik Kebersihan untuk Anak

Kebanyakan anak memang cenderung sulit menjaga kebersihan. Untuk itu, diperlukan trik agar anak bisa mempraktikkan hidup bersih.

  • Mencuci Tangan
  • Membawa Air Minum dan Peralatan Makan Sendiri dari Rumah
  • Membuang Sampah pada Tempatnya

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19