Kompas TV regional peristiwa

Hadapi Lonjakan Covid-19, Ganjar Minta Kepala Daerah di Jateng Siapkan Skenario Terburuk

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 10:50 WIB
hadapi-lonjakan-covid-19-ganjar-minta-kepala-daerah-di-jateng-siapkan-skenario-terburuk
Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA)
Penulis : Fadhilah | Editor : Iman Firdaus

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penularan Covid-19 di Jawa Tengah (Jateng) berpotensi meningkat. Hal ini pun menjadi perhatian serius Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Dia meminta seluruh kepala daerah menyiapkan skenario terburuk terkait potensi peningkatan Covid-19 di daerahnya masing-masing.

Ganjar menjelaskan ada sejumlah catatan dari hasil koordinasi dengan Panglima TNI dan Kapolri selepas tinjauan langsung ke tiga daerah di Jateng, yakni Kudus, Grobogan, dan Kota Pekalongan.

"Skenariokan bahwa ini akan terjadi peningkatan-peningkatan secara eksponensial, sehingga kita akan mengerti pada puncaknya itu kapan, kira-kira berapa, dan apa yang musti kita siapkan," kata Ganjar dalam siaran pers, Minggu (6/6/2021).

Baca Juga: Kasus Melonjak, Menkes Minta Ganjar Bantu Tangani Covid-19 di Kudus

Adapun tiga catatan hasil koordinasi dengan Panglima TNI dan Kapolri, pertama, seluruh kepala daerah harus tahu bed occupancy rate (BOR) di daerah masing-masing.

Kedua, lanjut Ganjar, tempat isolasi harus disiapkan dengan benar dan diusahakan semua tempat isolasi terpusat agar mudah dikontrol.

Ketiga, setiap daerah harus menghitung kembali kebutuhan sumber daya manusia, obat-obatan, dan peralatan.

Ganjar pun mengingatkan bahwa apabila ada yang tidak mampu atau kekurangan, maka langsung berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, antar-kabupaten/kota atau bisa juga dengan pemerintah pusat.

TNI-Polri juga sudah mewakafkan personelnya untuk digunakan atau mendampingi dalam penanganan Covid-19 di daerah. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.