Kompas TV regional update corona

Dinkes Bangkalan Tunjuk 8 RS di Surabaya Jadi Tempat Rujukan Pasien Covid-19

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 01:46 WIB
Penulis : Natasha Ancely

JATIM, KOMPAS.TV - Dinas Kesehatan menyiapkan langkah strategis untuk menangani peningkatan kasus covid 19 di Bangkalan, Jawa Timur.

Salah satunya dengan menunjuk delapan rumah sakit di surabaya untuk rujukan pasien covid dari Bangkalan.

Pengalihan pasien diprioritaskan pasca penutupan ruang IGD RSUD syarifa Ambami Rato Ebu Bangkalan.

Sgar pasien covid dari Bangkalan tetap bisa mendapat penanganan maksimal di Surabaya.

Kadinkes Provinsi Jatim juga menyiapkan sarana dan prasarana untuk kenyamanan pasien baik tempat tidur pasien yang bersih maupun kesiapan perawat serta dokter yang akan menangani pasien covid 19.

Setidaknya 15 tenaga medis tertular covid-19 dan seorang dokter meninggal.

Layanan Instalasi Gawat Darurat di RSUD Bangkalan pun pun ditutup sementara waktu.

RSUD Bangkalan mengalami peningkatan penularan covid-19 setelah tingginya mobilitas warga saat mudik lebaran beberapa pekan lalu tingkat kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan juga masih rendah.

Di Jawa Timur, akibat meningkatnya kasus positif covid-19 di Bangkalan membuat pemerintah Surabaya menggelar tes usap antigen massal untuk semua penumpang kendaraan roda dua maupun empat yang akan masuk Kota Surabaya di Jembatan Suramadu.

Dari ratusan orang yang mengikuti tes usap antigen, 5 orang terkonfirmasi positif dan langsung dirujuk ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

Selain di Jembatan Suramadu, tes usap antigen juga dilakukan di Dermaga Tanjung Perak jalur penyeberangan Surabaya-Madura.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x