Kompas TV nasional kriminal

Akun Instagram WatchDoc dan Twitter Film KPK EndGame Diretas, Dandhy Laksono: Panitia Nobar Diteror

Kompas.tv - 7 Juni 2021, 00:55 WIB
akun-instagram-watchdoc-dan-twitter-film-kpk-endgame-diretas-dandhy-laksono-panitia-nobar-diteror
Ilustrasi hacker atau peretas. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akun Instagram milik rumah produksi film dokumenter yaitu WatchDoc diretas. Tak hanya itu, peretasan juga menimpa akun Twitter @KPK_EndGame.

Demikian disampaikan oleh pendiri WatchDoc yang merupakan jurnalis senior, Dandhy Dwi Laksono, melalui postingannya di media sosial Twitter.

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Presiden Jokowi Pernah Ingin Terbitkan Perppu KPK, tapi Diganjal DPR dan Parpol

Berdasarkan postingan Dandhy, diketahui nama akun instagram WatchDoc yang sebelumnya bernama @watchdoc_insta berubah jadi @watchwatchwatchhehe.

"Akun IG Watchdoc diretas. Bersamaan dengan akun Twitter @KPK_EndGame yang kini telah berhasil dipulihkan," kata Dandhy dalam cuitannya lewat akun @Dandhy_Laksono pada Minggu (6/6/2021).

Selain aksi peretasan oleh orang tak dikenal, kata Dandhy, panitia nonton bareng atau nobar film KPK The End Game di Pontianak juga mendapat teror.

Namun demikian, Dandhy tak menjelaskan teror yang dimaksud. Meski mendapat teror, pelaksanaan nobar film KPK The End Game terus berlangsung.

Baca Juga: Diperiksa KPK, Mahfud MD ke Novel Baswedan: Kalau Saya Presiden, Anda Jaksa Agung

"Panitia nobar di Pontianak diretas dan diteror. Akun IG Watchdoc dirusak. Bahkan info film @KPK_EndGame2021 jadi sasaran. Tapi layar sudah terbentang," ucap Dandhy.

Sementara itu, akun twitter @KPK_EndGame dalam sebuah utas menyampaikan bahwa ada pihak tidak bertanggung jawab yang telah mengambil alih akun sejak pukul 16.00 WIB.

Setelah akun diambil alih, pihak tak bertanggung jawab itu menghapus seluruh cuitan yang kebanyakan berisikan informasi perihal waktu dan tempat nobar film KPK EndGame.

Dalam salah satu foto yang diunggah, terlihat akses histori akun yang menyebutkan 'tweetdelete.net' 'Jun, 6 2021, 4:00:37 PM' '37.128.132.164 (United Kingdom).



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x