Kompas TV video internasional

Bahas Hubungan Rusia-AS, Putin akan Bertemu Biden di Jenewa

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 22:20 WIB
Penulis : Aryo bimo

SAINT PETERSBURG, KOMPAS.TV - Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan tanggapan mengenai rencana pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Tanggapan tersebut disampaikan Putin saat menjawab pertanyaan dari Presiden dan CEO kantor berita APTN, Gary Pruitt, dalam pertemuan virtual Saint Petersburg International Economic Forum (SPIEF) 2021.

"Presiden Putin, anda akan bertemu dengan Presiden Biden di Jenewa dalam waktu kurang dari dua minggu. Hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat ada pada titik terendah dalam sejarah. Langkah apa yang harus dilakukan AS untuk meningkatkan kepercayaan dan kerjasama antar dua negara. Sebaliknya, apa yang akan dilakukan Rusia dalam hal yang sama?," tanya Gary kepada Putin.

"Bukan kami yang membuat hubungan Rusia-AS pada kondisi seperti ini. Kami tak akan melangkah duluan. Saya berbicara tentang langkah yang memperburuk hubungan kita," jawab Presiden Putin.

Selain Gary Pruitt, gelaran pertemuan virtual SPIEF turut dihadiri oleh pemimpin kantor berita internasional dari berbagai negara, di antaranya, Yonhap Korea Selatan, Reuters Inggris, Xinhua China, DW Jerman, dan Kyodo News Jepang.

Pertemuan antara kedua pemimpin negara adidaya tersebut direncanakan digelar pada tanggal 16 Juni 2021 mendatang di Jenewa, Swiss.

Video Editor: Novaltri Sarelpa



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x