Kompas TV euro 2020 jadwal pertandingan

Profil Timnas Belanda: Kembalinya sang Meneer di Kompetisi Kasta Tertinggi Eropa

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 19:58 WIB
profil-timnas-belanda-kembalinya-sang-meneer-di-kompetisi-kasta-tertinggi-eropa
Timnas Belanda hanya bermain imbang 2-2 melawan Skotlandia di laga uji coba jelang Euro 2020. (Sumber: Twitter @OnsOranje)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Nasional Belanda akhirnya kembali tampil di kompetisi kasta tertinggi Eropa setelah lolos ke Euro 2020.

Dalam beberapa tahun belakangan, Der Oranje sedang mengalami masa sulit setelah gagal lolos ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Akan tetapi, bersama Frank de Boer, mereka mampu bangkit dan diharapkan bisa membuktikan bahwa Belanda masih tim elite di kawasan Eropa.

Lantas, mampukah Belanda berbicara banyak di gelaran Piala Eropa tahun ini?

Profil Timnas Belanda di Euro 2020

Berada satu grup dengan Jerman di fase kualifikasi, Belanda yang kala itu masih dilatih Ronald Koeman berhasil lolos ke Euro 2020 setelah sukses menempati posisi runner-up dengan torehan 19 poin.

Catatan tersebut hanya kalah dari Jerman yang menempati podium utama di fase kualifikasi Piala Eropa Grup C dengan raihan 21 poin.

Baca Juga: Dicoret Frank De Boer dari Skuad Belanda untuk Euro 2020, Jasper Cillessen Murka

Kembalinya Belanda ke Piala Eropa tentu jadi angin segar setelah dalam 4 tahun terakhir gagal ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Di Euro 2020 nanti, Belanda akan dipimpin Frank de Boer yang menggantikan Ronald Koeman setelah menerima pinangan dari Barcelona.

Melatih tim nasional menjadi tantangan tersendiri bagi de Boer yang sebelumnya hanya melatih klub seperti Ajax, Inter, Crystal Palace and Atlanta United.

Kembalinya Belanda ke Piala Eropa juga menjadi berkah bagi kapten mereka, Georgino Wijnaldum. Wijnaldum meraih sukses di Liverpool, namun ia tak bisa membawa negaranya berprestasi karena kegagalan dalam beberapa tahun belakangan.

Maka dari itu, Euro 2020 akan jadi pembuktian bagi Wijnaldum untuk memberikan yang terbaik bagi Tanah Airnya mengingat ia juga sudah tak lagi muda.

Baca Juga: Hasil Uji Coba Jelang Euro 2020, Belanda Ditahan Imbang Skotlandia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x