Kompas TV regional peristiwa

Mobil Pikap Rombongan Wisatawan Masuk Jurang di Sumedang, 1 Tewas, 13 Luka-Luka

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 19:24 WIB
mobil-pikap-rombongan-wisatawan-masuk-jurang-di-sumedang-1-tewas-13-luka-luka
Mobil pikap rombongan wisatawan asal Majalengka masuk jurang dalam perjalanan menuju objek wisata Buricak Burinong Waduk Jatigede, Sumedang, Minggu (6/6/2021). Satu dari 14 wisatawan tewas dalam kejadian ini. (Sumber: Dok. Screenshoot Video)
Penulis : Fadhilah | Editor : Hariyanto Kurniawan

SUMEDANG, KOMPAS.TV - Sebuah mobil pikap masuk jurang sedalam 5 meter di Sumedang, Jawa Barat, Minggu (6/6/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Insiden itu terjadi saat pikap yang mengangkut rombongan wisatawan menempuh perjalanan menuju objek wisata Kampung Buricak Burinong di wilayah pesisir Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Mobil pikap tersebut mengangkut 14 wisatawan asal Desa Kertajaya, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Akibat kejadian ini, satu dari 14 orang penumpang mobil bak terbuka ini tewas di tempat kejadian. Sedangkan 13 orang lainnya mengalami luka ringan hingga luka berat.

Baca Juga: 2 Petugas PT KAI Tewas Tertabrak Kereta di Cisauk Tangerang, Padahal Sudah Diklakson Berkali-kali

Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Cisitu Polres Sumedang Iptu Awang Munggardijaya mengatakan, mobil pikap tersebut masuk ke jurang di tanjakan Blok Kokoncong, perbatasan Desa Cigintung, Kecamatan Cisitu dengan Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja, Sumedang.

Menurut Awang, kronologi kejadian terjadi saat mobil pikap akan menanjak, pengemudi menggunakan transmisi manual gigi tiga dan ketika akan mengoper ke gigi rendah tidak berhasil.

Melainkan malah masuk ke gigi netral. Sehingga, mobil mundur ke belakang dan masuk selokan sedalam kurang lebih 5 meter.

"Mobil melaju dari arah Cisitu menuju objek wisata Kampung Buricak Burinong. Saat tiba di lokasi mobil tak kuat menanjak hingga mundur dan terperosok ke jurang sedalam 5 meter," ujar Awang, Minggu, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Mengaku Dapat Bisikan Gaib, Kakak Tega Bunuh Adik Kandung Pakai Cangkul

Korban 14 Orang, 1 Tewas

Awang menuturkan, satu orang tewas di tempat kejadian, tujuh orang luka berat, tiga orang patah tulang, dan tiga orang lainnya luka ringan.

"Total korban 14 orang dibawa ke Puskesmas Cisitu. Ada yang dirujuk ke Rumah Sakit Cideres, ada juga yang ke RSUD Sumedang. Satu orang meninggal dunia, yang lainnya luka ringan dan luka berat," tutur Awang.

Dia menambahkan, kondisi jalan di lokasi kejadian menanjak tajam cukup tajam. "Saat ini sudah ditangani unit Laka Lantas Polres Sumedang," kata Awang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x