Kompas TV nasional peristiwa

Resmikan Patung Bung Karno di Kemenhan, Megawati: Terima Kasih Sahabat Saya, Prabowo

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 15:58 WIB
resmikan-patung-bung-karno-di-kemenhan-megawati-terima-kasih-sahabat-saya-prabowo
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Presiden ke 5 Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di Lapangan Bela Negara, Kemenhan, Jakarta, Minggu (6/6/2021). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, meresmikan patung Bung Karno di lapangan Bela Negara Kementerian Pertahanan, Jakarta pada Minggu (6/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Prabowo menceritakan bagaimana awal mula pendirian patung Bung Karno yang tengah menunggangi kuda itu.

Baca Juga: Prabowo Ceritakan Kisah Bung Karno Belajar Kuda Hanya 3 Hari Demi Jadi Inspektur Upacara

Menurut Ketua Umum Partai Gerindra tersebut, patung Bung Karno menunggangi kuda merupakan pengingat momentum ketika Indonesia kali pertama menunjukan pada dunia internasional telah memiliki angkatan bersenjata.

"Patung ini adalah ketika Presiden Sukarno sebagai panglima tertinggi kita yang pertama, pada hari Angkatan Perang pertama, yaitu 5 Oktober 1946 di Yogyakarta, menjadi inspektur upacara," kata Prabowo dalam pidatonya.

"Di mana untuk pertama kalinya, Republik Indonesia menunjukan memiliki angkatan perang yang siap untuk mempertahankan kemerdekaan."

Megawati selaku anak Bung Karno, menyampaikan terima kasihnya kepada berbagai pihak dan secara khusus kepada Prabowo yang ia sebut sebagai "sahabat".

Baca Juga: Momen Prabowo Dampingi Megawati Resmikan Patung Bung Karno

"Atas nama pribadi dan keluarga besar Bung Karno, saya mengucapkan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Bapak Menhan Prabowo dan sekaligus sahabat saya atas peresmian patung Bung Karno ini," kata Megawati.

"Kebetulan peresmian patung Bung Karno bertepatan pada peringatan kelahiran beliau ke 120 tahun. Jadi sungguh menurut kami keluarga sangat istimewa."

Lebih lanjut, Megawati menceritakan kisah di balik sang ayah menunggangi kuda. Megawati mengatakan, Bung Karno saat itu sempat panik lantaran tidak tahu bagaimana caranya menunggangi kuda.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.