Kompas TV feature viral

Iklan Shopee Ini Dinilai Netizen Ikut Menyebabkan Misinformasi antara Kurir dan Pembeli saat COD

Kompas.tv - 6 Juni 2021, 15:45 WIB
iklan-shopee-ini-dinilai-netizen-ikut-menyebabkan-misinformasi-antara-kurir-dan-pembeli-saat-cod
Sejumlah netizen pun menjumpai iklan salah satu e-commerce yakni Shopee yang diduga menjadi penyebab misinformasi antara kurir dan pembeli. (Sumber: Tangkapan layar Youtube Ecommerce Shitposting)
Penulis : Dian Nita | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan ini, marak kasus soal pembelian bayar di tempat atau cash on delivery (COD) berujung pada pengembalian barang secara paksa viral di media sosial.

Dalam beberapa kasus, pembeli tidak mau membayar pesanannya kepada kurir karena merasa tidak cocok padahal sudah membuka paketnya.

Sejumlah netizen pun menjumpai iklan salah satu e-commerce yakni Shopee yang diduga menjadi penyebab misinformasi antara kurir dan pembeli.

Hal itu disampaikan oleh pengguna Facebook E-Commerce Shitposting yang menemukan kejanggalan pada langkah Shopee COD yang dicontohkan.

Baca Juga: Viral Admin Commuterline "Ngegas" Soal Pelecehan Seksual di KRL

"Sebenarnya iklannya normal seperti iklan pada umumnya. Hanya saja di sini langkah COD yang dicontohkan juga tidak sama dengan SOP yang berlaku di kurir. Jadi, jangan heran kalau banyak dari pembeli Shopee akhirnya juga banyak yang tidak teredukasi dengan baik mengenai layanan COD," tulis Facebook E-Commerce Shitposting, Sabtu (5/6/2021).

Dalam iklan yang diunggah Shopee pada bulan April itu, terlihat iklan yang dibintangi Arya Saloka sedang melakukan transaksi COD.

Namun, alih-alih membayar ke kurir sebelum membuka, Arya Saloka justru membuka dan memeriksa paket tersebut baru membayar sejumlah uang kepada kurir.

Dalam laman resmi Shopee terkait bagaimana cara melakukan pembelian menggunakan COD sudah tertera jelas bahwa:

  1. Pembeli harus melakukan pembayaran ke kurir sebelum menerima/membuka paket.
  2. Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket 2x dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD.

Baca Juga: Bayi Ditemukan Tak Sadar dan Tak Bernapas Ternyata Overdosis Kokain, Orang Tuanya Ditangkap Polisi

Iklan COD Shopee yang sesuai dengan langkah-langkah COD yang benar baru diunggah pada bulan Mei 2021 lalu. Hal itu lantas membuat netizen bingung dan menanyakan mana yang benar.

Pihak Shopee pun angkat bicara terkait video iklan "langkah COD yang salah" yang beredar di sosial media.

"Video itu adalah materi promosi beberapa bulan lalu dan kami pastikan sudah tidak ditayangkan lagi. Versi terbaru yang menunjukkan metode COD yang sesuai dapat dilihat di kanal Youtube Shopee," ujar customer service Shopee, Sabtu (5/6/2021).


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x